Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 10 September 2017 | 12:19 WIB
  • 10-9-2008: Mesin Terbesar di Dunia Resmi Bekerja

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
10-9-2008: Mesin Terbesar di Dunia Resmi Bekerja
Photo :
  • www.home.cern.com
Salah satu bagian LHC

VIVA.co.id – Hari ini sembilan tahun lalu, penumbuk raksasa Hadron atau Large Hadron Collider pertama kali benar-benar bekerja. LHC merupakan mesin terbesar di dunia yang berupa terowongan magnet superkonduktor melingkar sejauh 27 kilometer di 175 meter dalam tanah perbatasan Prancis dan Jenewa, Swiss.

LHC merupakan fasilitas Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) yang sudah dibangun sejak 20 tahun sebelum sukses dalam usaha pertamanya. Penumbuk ini dipakai untuk meneliti misteri dalam alam semesta dengan menumbukkan partikel.

Dikutip dari National Geographic, pada 10 September 2008, di dalam ruang kendali, fisikawan dan insinyur mesin LHC dengan hati-hati menembakkan berkas foton ke dalam terowongan tersebut. Ilmuwan memperhatikannya secara saksama dan akhirnya tembakan berkas itu bisa mulus melewati terowongan. Ilmuwan di pusat kendali kemudian menghentikan tembakan berkas itu sebelum mengelilingi terowongan sepenuhnya.  

Satu orang peneliti menangis saat menyaksikan tembakan berkas itu berhasil melewati bagian terowongan lainnya.

Satu jam setelah tembakan berkas pada usaha pertama, berkas yang ditembakkan itu akhirnya menyelesaikan perjalanannya melalui seluruh terowongan. Mulus tanpa kendala. Tepuk tangan parau membahana di ruang kendali misi. 

"Pertama-tama, saya tak mempercayainya. Saya harus melihatnya untuk kedua kali dan saya pikir, oh wow, itu benar-benar berhasil," ujar insinyur CERN, Verena Kain. 

Penumbuk LHC memang disiapkan ilmuwan selama bertahun-tahun sebelumnya. Dengan melakukan ratusan tumbukan partikel di dalam LHC tiap detiknya, fisikawan dan ilmuwan di situ berharap bisa memahami bagaimana kondisi alam semesta, sepertriliun detik setelah terjadinya Big Bang, yang melahirkan alam semesta. 

Temuan tersebut juga diharapkan bisa mengungkap misteri terbesar dalam fisika. Dan memang belakangan LHC bisa menyingkap misteri besar Partikel Tuhan. 

Sejak 30 Maret 2010, CERN memulai eksperimen LHC untuk menemukan partikel Boson Higgs atau dikenal dengan partikel Tuhan. Pencarian partikel tersebut sudah dilakukan peneliti dunia sejak 2002.

Untuk mencari partikel Tuhan tersebut, LHC memiliki eksperimen yang disebut ATLAS. Kemudian pada 2012, peneliti yang menjalankan eksperimen di mesin terbesar di dunia itu bisa menemukan Partikel Tuhan.