Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 10:06 WIB
  • 7-11-1996: Wahana Pemeta Planet Mars Diluncurkan

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
7-11-1996: Wahana Pemeta Planet Mars Diluncurkan
Photo :
  • www.solarsystem.nasa.gov
Ilustrasi wahana Mars Global Surveyor

VIVA – Hari ini 21 tahun lalu, Badan Antariksa Amerika Serikat meluncurkan wahana antariksa pertama untuk program Mars Surveyor. Wahana tersebut dinamakan Mars Global Surveyor (MGS). Wahana yang dibuat Jet Propulsion Laboratory ini dilahirkan sebagai pintu pembuka bagi wahana antariksa AS yang akan mengeksplorasi Planet Merah tersebut. 

Dikutip dari laman NASA, Selasa 7 November 2017, wahana MGS diluncurkan dengan membawa lima instrumen yang sama pada pesawat Mars Observer yang hilang dan jatuh pada 1993. 

Setelah meluncur dari Cape Canaveral, Amerika Serikat pada 7 November 1996, wahana MGS memasuki orbit Mars pada 12 September 1997. 

MGS bertugas juga untuk memetakan seluruh Planet Mars mulai dari lapisan ionosfer, atmosfer hingga permukaan Mars. Pemetaan bermula pada Maret 1999 dan diselesaikan pada Januari 2001.

Setelah misi utama diselesaikan, MSG diperintahkan memfoto objek tujuan lainnya. Pada 2 November 2006, wahana ini gagal menanggapi pesan dan komando.

Sebuah sinyal yang lemah menandakan bahwa wahana itu telah sampai ke 'mode aman' tiga hari kemudian. Percobaan komunikasi berikutnya dengan Mars Global Surveyor gagal, dan secara resmi proyek ini diakhiri pada Januari 2007.

Selama menjalankan misinya, wahana MGS telah memproduksi pertama kalinya profil Kutub Utara Mars dalam bentuk tiga dimensi. Pemetaan tiga dimensi itu dibuat dengan pembacaan laser altimeter. 

Pada pertengahan 2000, wahana MGS telah mengambil puluhan ribu foto resolusi tinggi Planet Mars.

Pemetaan wahana MGS juga turut membantu NASA dalam mendeteksi kemungkinan jejak air di Planet Merah tersebut. Pada 6 Desember 2006, NASA meluncurkan gambar kawah Terra Sirenum dan Centauri Montes, yang dipercaya menjadi pertanda adanya air mengalir di Mars selama lima tahun terakhir. (art)