Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 2 Desember 2017 | 14:46 WIB
  • Mengenal Teknologi Inverter di Penyejuk Udara

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Mengenal Teknologi Inverter di Penyejuk Udara
Photo :
  • inmagine
Ilustrasi ruang berpenyejuk ruangan (AC).

VIVA – Selama ini penyejuk udara atau air conditioning (AC) mengutamakan adanya teknologi inverter di dalamnya. Namun tidak banyak yang mengetahui apa itu Inverter Technology dalam sebuah penyejuk udara.

Dalam keterangan produsen AC Daikin, inverter merupakan salah satu teknologi utama yang digunakan untuk menghemat daya listrik pada AC Daikin. Teknologi ini bekerja dengan mengacu pada beban putar kompresor yang disesuaikan dengan suhu ruang.

"Apabila suhu ruang yang diinginkan tercapai, kompresor akan mengurangi kecepatan putarannya sehingga dapat menghemat daya listrik. Teknologi Inverter sudah disematkan di hampir seluruh produk AC Daikin sebagai salah satu langkah menghemat penggunaan energi," ujar Isao Tsumura Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia.

Daikin memasarkan produk baru menjelang akhir tahun

Menjelang tahun depan, kata Tsumura, pihaknya telah menyediakan semua lini AC terbaru, mulai dari AC Single Split untuk kebutuhan hunian hingga Variable Refrigerant Volume (VRV) untuk kebutuhan komersial.

Mereka memiliki berbagai pilihan produk yang beragam untuk mengakomodir berbagai jenis aplikasi, mulai dari kebutuhan hunian dengan kapasitas AC ½ PK hingga kebutuhan industri dengan kapasitas ratusan PK. 

"Banyaknya pilihan lini produk ini diharapkan akan memudahkan para pengguna untuk memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan daya listrik yang dimilikinya," kata Tsumura.

Setidaknya ada beberapa AC Daikin yang memiliki teknologi ini, yakni Hi Inverter, AC dengan nilai Coefficient of Performance (COP) 4.81, menghasilkan kinerja efisiensi daya listrik yang maksimal dan New Coanda Panel memungkinkan hembusan udara tidak langsung mengenai tubuh manusia.

Ada juga Flash Inverter, AC yang dilengkapi fitur New Low Watt mode level 2 yang hanya mengkonsumsi daya listrik 200 watt untuk kapasitas ½ PK dan 300 watt untuk kapasitas 1 PK. Ada juga Super Mini Split dan Aero yang tak beda hematnya.

Salah satu produk unggulan yang diluncurkan untuk aplikasi hunian adalah Daikin Multi-S 3 Connection. Daikin Multi-S adalah sistem AC, yang dibuat khusus untuk pasar Indonesia, yang hanya memerlukan 1 unit outdoor untuk mengoperasikan 3 unit indoor sehingga dapat menghemat area luar ruang.