Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 3 Desember 2017 | 09:59 WIB
  • SpaceX Siap Kirim Mobil Listrik Tercepat ke Mars

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
SpaceX Siap Kirim Mobil Listrik Tercepat ke Mars
Photo :
  • REUTERS/Joe Skipper
Roket SpaceX Falcon 9 meluncur dan mendarat kembali ke Bumi

VIVA – Pendiri perusahaan antariksa swasta SpaceX, Elon Musk mengejutkan pengguna internet dengan ide gila yang ia posting. Bos SpaceX itu merencanakan akan ada sesuatu yang spesial dalam peluncuran roket terbaru SpaceX, Falcon Heavy, pada Januari 2018. 

Tak seperti biasanya, dalam postingannya Musk menuliskan muatan pada roket terdahsyat SpaceX itu salah satunya adalah mobil Tesla Roadster, yang merupakan mobil listrik terkencang di dunia. 

Dikutip dari The Verge, Minggu 3 Desember 2017, Musk sudah pernah mengungkapkan pada pertengahan tahun ini, bahwa dia mengimpikan ingin menyematkan ‘hal yang paling konyol’ pada debut roket Falcon Heavy tersebut.

Dengan postingannya tersebut, teka-teki kejutan yang disiapkan Musk tampaknya sudah terkuak. Bos SpaceX itu ingin mobil buatan perusahaannya Tesla, bisa hadir di orbit Mars.

Dia mengatakan, belum jaminan mobil listrik itu akan bisa sampai dengan mudah ke orbit Mars. Sebab dia menyadari bisa saja roket Falcon Heavy meledak saat menuju orbit Mars. 

Postingan Musk itu menarik perhatian, dan saat dikonfirmasi bos Tesla itu mengiyakan rencana tersebut. 

Dalam balasan email ke tim The Verge, Musk menegaskan rencana tersebut benar adanya.  Kemudian tim dari SpaceX menegaskan, memang muatan mobil dalam roket itu adalah nyata. 

Sontak kabar ini dengan cepat mendapat respons dari pengguna internet. Sebagian besar pengguna internet memuji langkah gila Musk itu dan penasaran bagaimana SpaceX akan memerlakukan mobil listrik tercepat sejagat itu sesampai di orbit Mars. 

Roket Falcon Heavy dijadwalkan akan meluncur ke orbit Mars melalui landasan Apollo 11 di Cape Canaveral, Amerika Serikat pada Januari 2018. Roket ini merupakan peluncur terkuat yang pernah dibuat oleh SpaceX. Falcon Heavy punya mesin dorong dua kali dari roket SpaceX sebelumnya.  

Mobil listrik terkencang

Soal kemampuan melesat Tesla Radster, mobil ini hanya butuh waktu 1,9 detik untuk berlari dari posisi diam hingga 100 km/jam. Lalu untuk mencapai kecepatan 160 km/jam hanya butuh 4,2 detik.

Mobil ini mampu mencatat top speed 402 km/jam. Selain itu, Elon juga menyuntikkan teknologi terbaru, sehingga mobil sport atap terbuka ini memiliki torsi hingga mencapai 10.000 newton meter. (mus)