Vape Bikin Remaja Cenderung Coba Rokok Tembakau

Ilustrasi Vaping
Sumber :
  • pixabay/LindsayFox

VIVA.co.id – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa remaja yang menggunakan rokok elektronik atau vape lebih cenderung untuk mengonsomsi rokok tembakau biasa dibandingkan dengan remaja yang tidak menggunakan sebelumnya.

Vape May Help Adult Smokers to Stop, Study Says

Penelitian ini melibatkan sekitar 350 remaja yang dipilih secara acak dari 122 sekolah di Amerika Serikat. Subyek pertama disurvei tentang kebiasaan merokok dan menggunakan vape di kelas 12, kemudian disurvei lagi satu tahun kemudian.

Hasil menunjukkan, di antara remaja yang mengatakan mereka menggunakan vape di kelas 12 tapi tidak pernah mencoba rokok tembakau, 31 persen melanjutkan untuk mencoba rokok tembakau di tahun berikutnya.

Riset Universitas Bern: Vape Efektif Bantu Perokok Dewasa Beralih dari Kebiasaan Merokok

Sebaliknya, kalangan remaja yang tidak menggunakan vape atau merokok tembakau di kelas 12, hanya 7 persen yang lanjut mencoba rokok tembakau di tahun depannya, dilansir Live Science.

Selain itu, hasil penelitian juga mengatakan bahwa vaping mengarahkan mantan perokok untuk kembali merokok. Namun studi terbaru ini tidak bisa membuktikan jika vaping menyebabkan remaja kembali merokok tembakau.

Tak Mudah Berhenti Merokok, Perokok Dewasa Bisa Optimalkan Produk Tembakau Alternatif

Rokok elektronik sering diiklankan sebagai alternatif yang lebih aman untuk rokok tembakau, karena uapnya mengandung bahan kimia yang lebih sedikit berbahaya bagi manusia, dibandingkan dengan asap rokok tradisional.

Namun, para peneliti masih menyelidiki efek kesehatan dari rokok elektronik. Beberapa studi malah telah menyarankan bahwa penggunaan rokok elektronik masih menimbulkan bahaya kesehatan, seperti peningkatan risiko penyakit jantung. (ase)

Ilustrasi Vape

Mengerikan, Ini 9 Bahaya Vape Liquid Ganja yang Perlu Diketahui

Polres Metro Jakarta Selatan mengungkapkan bahwa saat diinterogasi, Chika mengakui menggunakan vape yang berisi cairan ganja bersama teman-temannya secara bergiliran itu

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024