Studi: Anak Muda Indonesia Paling Bahagia Sedunia

Menpora selfie usai Upacara Pengukuhan Paskibraka Nasional 2016
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Varkey Foundation, sebuah organisasi pendidikan di Inggris melakukan survei tentang perilaku dan perasaan anak muda di seluruh dunia. Studi ini dilakukan terhadap generasi Z yang berusia 15 hingga 21 tahun dari 20 negara di dunia.

Microsoft: Tidak Ada Negara Dapat Menang Pertempuran Siber Sendirian

Studi dilakukan untuk menilai kebahagiaan, prioritas, ambisi, dan juga keyakinan dari 20 ribu pemuda yang termasuk ke dalam generasi Z, lahir di antara tahun 1995 dan 2001. Studi tersebut diselenggarakan pada September hingga Oktober 2016 silam.

Ke-20 negara yang termasuk dalam studi ini adalah Argentina, Australia, Brazil, Canada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Israel, Italia, Jepang, Selandia Baru, Nigeria, Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Britania Raya, dan Amerika Serikat.

Ganti Baju demi Milenial dan Generasi Z

Hasil yang dirilis Varkey Foundation di situs resminya menyatakan, anak muda Indonesia punya persentase kebahagiaan paling tinggi di antara negara-negara tersebut.

Sebanyak dua per tiga anak muda menyatakan bahwa mereka bahagia. Persentase untuk kebahagiaan anak muda Indonesia mencapai 90 persen. Posisi kedua adalah Nigeria dengan 78 persen, India 72 persen, Amerika Serikat 63 persen, Kanada 60 persen, Prancis 57 persen, Australia 56 persen, dan UK 57 persen.

Rilis Lagu Baru, HIVI! Ajak Generasi Z Cerdas Literasi Digital

Level bahagia ini menurun saat anak muda mulai memasuki usia dewasa muda. Anak muda laki-laki juga disebut lebih bahagia dibanding perempuan dengan persentase 62 persen vs 56 persen.

Databoks yang juga mengutip hasil studi ini menulis, skor kebahagiaan yang tinggi pada anak muda Indonesia tak lepas dari komitmen terhadap agama. (mus)

Ilustrasi rumah/hunian.

Usia Konsumen Bergeser, Gen Z Mulai Berburu Rumah

Tak hanya milenial, Generasi Z atau Gen Z mulai mendominasi kelompok usia konsumen bisnis properti di Tanah Air.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022