Usai Raih Penghargaan, Penyanyi Keroncong Ini Siap Gelar Konser

Penyanyi Keroncong senior Waljinah
Sumber :
  • Antara/ Regina Safri
VIVAnews - Nama Indra Utami keluar sebagai penerima penghargaan kategori Artis Solo Pria/Wanita Keroncong Terbaik dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2013 beberapa waktu lalu.
Kia Bakal Luncurkan Mobil Listrik Harga Terjangkau Tahun InI

Tak perlu waktu lama bagi Utami untuk membuktikan diri, rencananya, 24 Agustus mendatang, ia akan menggelar mini konser di Hotel Sultan, Jakarta. Itu dilakukannya sebagai upaya melestarikan musik asli Indonesia yang hampir tak terdengar gaungnya lagi.
Florida School Removes 300 Books Containing LGBTQ

"Saya berharap, mini konser itu akan membuat keroncong lebih diterima secara lebih luas lagi oleh masyarakat," ujarnya saat dihubungi.
Radja Nainggolan Bikin 3 Assist, Bhayangkara FC Bantai Persik Kediri 7-0

Utami juga berharap, dengan demikian, keroncong bisa menjadi rasa di tanah airnya sendiri. Dirinya nanti tak tampil sendiri dalam konser itu, ia juga mengundang seniornya, Waldjinah, Mus Mulyadi, dan Tuti Maryati.

Sementara itu, tak heran jika Waldjinah mempercayakan tongkat estafet pelestarian musik keroncong pada Utami. Sebab, sosoknya dinilai bisa membawa keroncong melintasi generasi.

Sebelumnya, dalam AMI Awards 2013, Waldjinah telah memberikan restu padanya untuk meneruskan jejak sebagai penyanyi keroncong legendaris. Tentu, itu sangat membanggakan, karena Utami memang menjadikan Waldjinah sebagai inspirasinya.

"Saya sudah minta agar (musik keroncong ini) ada yang bisa melanjutkannya. Saya senang sekali (Utami) bisa melanjutkannya. Suaranya bagus, juga kemayu (cantik)," kata Waldjinah.

Utami tentu tersanjung dengan pujian itu. Namun baginya, yang terpenting adalah bagaimana melestarikan keroncong agar tak stagnan perkembangannya. Membuat generasi muda mencintai musik itu, jadi tantangan tersendiri baginya.

"Keroncong ini budaya adiluhung kita bersama, makanya harus dilestarikan," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya