Masjid Turki dan Puasa Sandhy Sondoro di Jerman

Sandhy Sondoro
Sumber :

VIVAlife - Lama hidup di Jerman untuk menempuh pendidikan, penyanyi Sandhy Sondoro pun harus melalui bulan Ramadan di sana. Ia menceritakan pengalamannya saat berpuasa di musim panas yang cukup sulit, karena  waktu siang lebih lama.

"Kalau summer (musim panas) yang jelas waktu siangnya lebih lama. Kalau winter (musim dingin) matahari terbenam lebih cepat. Makanya paling enak puasa pas winter," tuturnya saat ditemui di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur.

Hidup cukup lama di Jerman membuat Sandhy banyak bertemu orang dari berbagai negara. Ketika bulan puasa, pelantun "Tak Pernah Padam" itu menyatakan lebih sering berkumpul dengan warga imigran di masjid Turki.

"Kalau nggak ada waktu atau malas masak sendiri saya sering ke masjid Turki. Areanya memang banyak imigran Turki. Saya sering buka di sana. Karena berkumpul bebagai bangsa tapi satu keyakinan. Kalau hidup sebagai minoritas, kita jadi lebih erat," ungkapnya.

Sandhy pun sering diundang ke rumah temannya yang berkebangsaan Turki untuk berbuka atau sahur. Mereka menganggap Sandhy seperti keluarga sendiri.

"Ada saudara seiman. Seru juga. Dulu juga pernah waktu kuliah 1995, sering sama orang Turki, Sudan, kalau puasa sering diajak ke keluarga mereka. Orang Turki semua, saya Indonesia sendiri. Saya selalu merasa kita manusia semua sama, mau hitam, cokelat, putih, we are all the same," ujar lelaki berusia 39 tahun itu.

Meski demikian, hal itu tak bisa mengalahkan rasa rindunya dengan suasana Ramadan di tanah air. Sandhy mengaku lebih enak berpuasa di Indonesia. Selain karena saat ini ia sudah berkeluarga, ada pula satu jenis minuman khas yang ia suka.

"Kalau dulu menyiapkan makan sendiri, sekarang meski istri lagi sibuk sama anak tapi makanan tetap disiapkan istri. Di sini bedanya ada cendol, jadi lebih enak," katanya sambil tertawa. (kd)

Aliando Sebut Prilly Latuconsina Mantan Terindah, Ada Penolakan Main Film Bareng?
Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Meski TikToker Galih Loss minta maaf atas konten berbau penodaan agama yang dibuat, polisi menegaskan proses hukum terhadap apa yang dilakukan Galih tetap berlanjut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024