4 Film Indonesia yang Raih Simpati Dunia Internasional di Tahun 2013

Screening Film Java Heat
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAlife- Pentas perfilman Indonesia terus berkembang dan kualitasnya bahkan mulai diacungi jempol oleh dunia perfilman internasional.

Sederet nama film, mulai dari Java Heat, Atambua 39 Derajat Celsius, Habibie Ainun hingga Sang Kiai, film besutan sineas tanah air ini, mampu membanggakan Indonesia di kancah internasional. Bahkan, menyadarkan publik dunia, perfilman Indonesia mulai bangkit dari keterpurukan.

Simak kisah sukses empat film Indonesia berikut ini, yang berjaya di tahun 2013.

Java Heat

Harga Emas Naik Lagi Gara-gara Timur Tengah Memanas, Saatnya Jual?

Java Heat

Film thriller produksi orang-orang Indonesia dan Amerika ini mengisahkan kehidupan di sebuah kota di Jawa. Film yang penuh dengan adegan laga tersebut dibintangi aktor-aktor Indonesia seperti Ario Bayu, Atiqah Hasiholan, Mike Lucock, Rio Dewanto, Tio Pakusadewo dan Uli Auliani yang beradu akting dengan aktor kelas Hollywood, Mickey Rourke dan Kellan Lutz.

Java Heat juga merupakan film yang pertama kali mengambil setting di Candi Borobudur.

Film yang tayang di Indonesia bulan April 2013 lalu ini dinilai sukses merepresentasikan budaya, pariwisata, serta pluralisme di Indonesia sehingga mampu meraih simpati dunia internasional di tahun ini.

Atambua 39 Derajat Celcius

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Film besutan sutradara Mira Lesmana dan Riri Riza ini menyorot cerita manusia di sisi perbatasan yakni antara Atambua (Nusa Tenggara Timur-Indonesia) dengan Timor Leste. Meski film ini dirilis September 2012 lalu, namun, kesuksesannya masih terasa di 2013. Film ini mengisahlkan kehidupan para eksodus dari Timur Leste saat ini setelah 12 tahun referendum.

Sejak dirilis, Atambua 39 Derajat Celcius telah berjaya di sejumlah ajang festival internasional, seperti Tokyo Internasional Film Festival (TIFF) 2012, London Film Festival 2013, Internasional Film Festival Rotterdam 2013, Melbourne Film Festival 2012, Best Director, di ASEAN Internasional Festival 2013, Apresiasi Film Bioskop terbaik 2013 dan masih banyak lagi.

Habibie Ainun

Film Habibie & Ainun

Film besutan sutradara Hanung Bramantyo ini bercerita mengenai kehidupan cinta salah satu tokoh Indonesia, BJ Habibie bersama sang istri Ainun.

Film yang dirilis Desember 2012 lalu dan dibintangi Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, Ratna Rianto, Mike Lucock dan Christoffer Nelwan tersebut sukses di ASEAN International Film Festival and Award (AFIFA) 2013 yang diselenggarakan di Malaysia Maret lalu.

Sang Kiai

Mewah dan Canggihnya Sedan Terbaru Mercedes-Benz

Film Sang Kiai Tuai Banyak Pujian

Film garapan sutradara Rako Prijanto ini sukses menerima 4 Piala Citra di Festival Film Indonesia (FFI) 2013 dalam kategori Film Bioskop Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Pendukung Pria Terbaik, dan Penata Suara Terbaik dalam FFI 2013 yang digelar di Semarang, Jawa Tengah, 7 Desember lalu.

Film yang menggambarkan perjuangan tokoh pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy'ari itu juga berhasil masuk Seleksi Penghargaan Oscar 2013. Sayangnya, film yang dibintangi Ikranagara, Christine Hakim, Agus Kuncoro dan Adipati Dolken tersebut gagal masuk sebagai nominator Best Foreign Language Film. Meski begitu, film ini, juga mulai dikenal masyarakat dunia. (one)

Mudik gratis sepeda motor.

Arus Balik Gratis Sepeda Motor Semarang-Jakarta, Pelni Wanti-wanti Ini

PT Pelni (Persero) mengingatkan kepada para pemudik gratis gelombang kedua rute Semarang-Jakarta agar mendatangi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebelum pukul 14.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024