Didapuk Jadi Duta Desa, Ini Reaksi Iwan Fals

Iwan Fals bersama Marwan Jafar
Sumber :
  • Zahrul (Depok) / VIVAnews

VIVAnews - Musisi senior Firgiawan Listianto atau yang akrab disapa Iwan Fals mendapat tawaran sebagai duta desa. Tawaran ini disampaikan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar saat menyambangi kediaman Iwan di kawasan Leuwinanggung, Depok, Selasa, 16 Desember 2014.

Sang menteri menilai, Iwan sosok yang cocok menjadi Duta Desa lantaran misi dan cara berpandang yang dituangkan dalam beberapa syair lagunya bernuansa kritis sosial khusus bagi warga pedesaan.
 
"Dengan meminta bang Iwan yang saya anggap sebagai senior kami nantinya akan berkeliling desa untuk membangun potensi desa yang ada di Indonesia," harap Marwan.

Marwan pun menilai, potensi desa yang ada harus dikembangkan sehingga kesejahteraan masyarakat desa bisa meningkat. Selama ini, potensi yang ada di kawasan pedesaan belum dikelola dengan baik sehingga banyak desa yang berkembang dengan potensinya sendiri. Bersama Iwan-lah pihaknya pun berniat mengembangkan potensi budaya lokal yang ada.

"Pembangunan desa harus bisa mendengarkan apa maunya masyarakat sehingga mereka terlibat penuh. Dan Pembangunan di desa dibarengi dengan gerakan sosial dan budaya," katanya.

Sementara itu, menanggapi tawaran tersebut Iwan mengaku belum bisa menjawab sekarang karena harus memikirkan terlebih dahulu. Namun demikian, secara prinsip, Iwan mengaku rindu sebagai orang desa.

"Jujur ini adalah suatu kebanggaan buat saya. Namun saya belum bisa jawab sekarang karena harus dibahas lebih lanjut dengan manajemen," kata Iwan diselingi tawa.

Lebih lanjut ayah tiga anak ini mengatakan, dirinya sering pergi ke sebuah desa di kawasan Jonggol, Bogor hanya untuk merenung. Di tempat itulah Iwan mengaku mendapatkan ketenangan. Namun Iwan mengaku tidak mengerti caranya bagaimana diminta untuk memberi arahan mengenai teknis mengelola desa.

"Bahkan kadang saya menyempatkan diri untuk merenung di desa untuk sekedar mencari inspirasi," ucapnya.

Sempat Membaik Sebelum Meninggal, Kondisi Ibu Angger Dimas Drop Lagi Sejak Kematian Dante

Baca juga:

Iran Pastikan Fasilitas Nuklir di Isfahan Aman Usai Serangan Israel
Inggris kibarkan bendera

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel

Israel belum secara resmi menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut namun telah melakukan serangan terhadap sasaran Iran di Suriah dalam beberapa bulan terakhir

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024