Album Baru Mantan Lady Rocker Disajikan dalam 7 Bahasa

Ayu Laksmi
Sumber :

VIVA.co.id - Penyanyi asal Pulau Dewata, Ayu Laksmi, kembali muncul di dunia yang membesarkan namanya itu. Kini dia mengeluarkan album kedua yang bertajuk "Svara Semesta 2".

Gubernur Mahyeldi: Jumlah Perantau Asal Minang Lebih Banyak dari Penduduk Sumbar

Lagu yang berisi tembangan berbau khas Bali ini sekaligus membayar kerinduan dari penggemarnya setelah sebelumnya terpuaskan dengan album pertamanya Svara Semesta pada 2010.

Hingga tidak heran dalam albumnya itu, tersuguhkan tujuh bahasa akan menghibur pendengarnya bercampur harmoni alam yang membawa kita ke negeri antah berantah. Tujuh bahasa itu, Indonesia, Inggris, Bali, Minang, Latin, dan Jawa Kuno.

Ayu Ting Ting Taklukkan Hati Keluarga Muhammad Fardhana, Ini Rahasianya!

"Saya suka bahasa yang unik di telinga, tapi tentunya saya harus cari penerjemahnya," ujar Ayu yang juga mantan Lady Rocker itu, Kamis, 19 Februari 2015.

Ayu menjelaskan, pada album keduanya itu, judulnya antara lain, Btari Nini yang mengingatkan pada budaya nusantara yang memiliki tradisi pemujaan kepada Dewi Sri.

5 Bahasa Kucing yang Harus Dipahami Pemiliknya

Judul Daima, sebuah syair yang mengisyaratkan kerinduan pada kekuatan ibu dari ranah Minang. Bahkan musisi Sawung Jabo juga menitipkan satu lagu berjudul Gumam Batin yang mengisahkan pengembaraan hidup yang dinamis.

Sebagian besar album kedua ini, berkisah tentang penganggungan terhadap sosok yang tampak dan tak tampak, katanya yang juga alumnus Fakultas Hukum Universitas Udayana.

Dikatakan, proses pembuatan album kedua itu banyak kebetulan ketika terilhami lagu Minang tapi tidak mengerti bahasanya kemudian ada orang yang membantu untuk menerjemahkannya. Demikian juga dengan cover dibantu oleh seseorang secara kebetulan.

Sementara itu, musisi Didi AGP menyebutkan album Ayu Laksmi itu mewakili Sang Maha Pencipta.

"Ayu Laksmi memiliki kesadaran yang tinggi bukan sekadar bernyanyi, tapi dia memilikinya," katanya.

Musiknya memiliki energi lain. "Sejuk dan penuh vibrasi," katanya menanggapi album kedua tersebut. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya