Ini Dampak Buruk Terlalu Sering Kunyah Permen Karet

Permen karet
Sumber :
VIVA.co.id
Apa Fungsi Mengunyah Permen Karet bagi Kesehatan?
- Mengunyah permen karet adalah kebiasaan banyak orang karena berbagai alasan. Ada yang rutin mengonsumsi permen karet sebagai cara berhenti merokok, ada yang memang menyukai rasa manisnya dan ada pula yang mengonsumsinya demi alasan kesehatan gigi.

Stres Berat, Redakan dengan Permen Karet
Banyak ahli yang mengatakan bahwa mengunyah permen karet bisa membuat orang kecanduan. Memang benar mengonsumsi permen ini bisa menekan nafsu makan dan mengurangi stres.

Studi: Kunyah Permen Karet Tingkatkan Kesehatan Mulut
Namun, bukan berarti permen karet tidak memberikan dampak buruk pada kesehatan. Bahkan sering mengunyah permen karet lebih banyak memberikan dampak buruk. Berikut ini beberapa di antaranya seperti dilansir dari Boldsky.

1. Keinginan menyantap junk food

Sebuah studi yang pernah dilakukan telah menunjukkan bahwa permen karet terutama yang memiliki rasa mint atau mentol mampu mengurangi asupan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Tidak hanya itu, mengunyah permen karet juga dapat memicu keinginan seseorang untuk menyantap junk food.

2. Gangguan sendi

Terlalu sering mengunyah permen karet akan merusak otot di mulut dan menyebabkan kondisi medis yang disebut sebagai gangguan sendi temporomandibular. Dalam kondisi ini, orang akan merasa nyeri pada sendi dan otot-otot yang menghubungkan rahang dengan tengkorak.

3. Masalah pencernaan

Mengunyah permen karet juga membuat Anda menelan banyak udara yang dapat menyebabkan kembung dan sakit perut. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan gangguan pencernaan dan kondisi yang dinamakan heart burn.

4. Sakit kepala dan alergi

Dampak buruk mengunyah permen karet juga termasuk sakit kepala dan alergi. Itu karena kandungan pengawet, perasa dan pemanis buatan di dalamnya.

5. Merusak gigi

Memang benar bahwa permen karet terkadang baik untuk gusi dan gigi. Namun, konsumsi berlebihan dapat membahayakan gigi dan dapat menyebabkan kerusakan gigi. Hal tersebut dikarenakan lapisan gula pada permen karet akan menempel pada gusi dan dijadikan makanan oleh bakteri yang mampu menyebabkan kerusakan gigi.

6. Diare

Pemanis buatan seperti manitol dan sorbitol dalam permen karet juga dapat menyebabkan iritasi pada usus. Iritasi yang terjadi terus menerus akan menyebabkan diare dan dehidrasi karena hilangnya cairan tubuh.

7. Keracunan

Beberapa orang memiliki tambalan di gigi yang berlubang. Tambalan tersebut terbuat dari merkuri, perak dan timah. Mengunyah permen karet secara berlebihan dapat melepaskan merkuri dari gigi dan membuatnya tertelan kemudian masuk sistem pencernaan. Padahal merkuri adalah logam yang sangat beracun bagi manusia.

8. Merangsang tulang rahang

Sebuah studi yang pernah dilakukan telah menunjukkan bahwa anak-anak atau remaja yang sering mengunyah permen karet mengalami perkembangan wajah yang tidak teratur di usia dewasa. Wajah mereka tampak lebih besar dari ukuran normal karena mengunyah permen karet berlebihan mampu merangsang perkembangan tulang rahang dan otot-otot wajah.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya