Kartunis Legendaris di Balik Karakter Captain America

Joe Simon dan sang cucu Megan Margulies
Sumber :
  • Twitter Megan Margulies

VIVA.co.id – Kepopuleran karakter pahlawan super Amerika kian melejit setelah film terbarunya berjudul Captain America: Civil War dirilis beberapa waktu lalu. Tokoh ini awalnya merupakan muncul di komik Marvel.

Captain America, Batman v Superman Bersaing di Teen Choice

Namun, tidak banyak orang yang tahu tentang sosok di balik karakter pahlawan super satu ini. Ia adalah Joseph Henry “Joe” Simon, seorang kartunis yang sekarang dikenal sebagai legenda komik sejati.

Banyak yang belum tahu bahwa pria yang lahir 11 Oktober 1913 itu telah menciptakan banyak karakter penting di era keemasan komik tahun 1930-an hingga 1940-an. Ia juga menjadi editor pertama Timely Comics, perusahaan yang kini berevolusi menjadi Marvel Comics.

Dirilis Kaus Terinspirasi Captain America: Civil War

Bersama mitranya, Jack Kirby, ia menjadi co-creator karakter Captain America.

Dalam sebuah artikel yang ditulis sang cucu, Megan Margulies, digambarkan bahwa Simon adalah seorang sosok kakek yang kreatif dan selalu menghabiskan waktunya dengan menggambar. Ia bahkan sering menunjukkan kepada sang cucu cara menggambar dengan perspektif dan bagaimana mengarsir sebuah gambar.

Iqbal CJR Penasaran dengan Dian Sastrowardoyo

"Dia menunjukkan kepada saya bagaimana menggambar kaki Captain America agar terlihat seolah dia sedang melompat ke arah Anda. Saya senang melihat tangannya yang mantap memegang pensil dan menggambar," tulis Megan dikutip dari Woman's Day.

Megan lantas menceritakan bahwa sang kakek dan Jack Kirby memimpikan adanya sosok Captain America pada 1941 yang didesain untuk melindungi penduduk Amerika dari ancaman seperti Adolf Hitler.

Bagi Megan, kakeknya adalah pria tua yang sangat berjiwa muda. Hal itulah yang membuat keduanya dekat. Megan mengatakan bahwa ia bahkan lebih dekat dengan sang kakek, dibandingkan orangtuanya karena mereka dapat membicarakan hal apa pun.

Joe tutup usia pada 14 Desember 2011, hanya beberapa bulan setelah film Captain America pertama dirilis. Kala itu usianya 97 tahun.

Sebelum meninggal, Joe harus rela tak menghadiri peluncuran film Captain America di Los Angeles, karena ia dirawat di sebuah fasilitas kesehatan privat di Manhattan. Namun, anggota keluarganya, termasuk Megan hadir di acara peluncuran tersebut mewakili Joe.

"Kami meneleponnya ketika berada di depan bioskop El Capitan, agar ia dapat mendengar teriakan penggemar saat para selebriti berada di karpet merah. Kami sangat bangga padanya dan kesuksesan karyanya," tulis Megan.

Ia juga mengatakan, sang kakek lebih dari bahagia ketika ia dapat menyaksikan film layar lebar karakter ciptaannya.

"70 tahun sebelumnya, ia membuat sketsa karakter yang sama sekali tak ia duga akan dikenal di seluruh dunia," ujar Megan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya