Ada Kategori Baru di FFI 2016

Ketua Bidang Penjurian FFI 2016 Olga Lydia didampingi Ketua Panitia Pelaksana FFI 2016 Lukman Sardi dan Ketua Badan Perfilman Indonesia Kemala Atmojo di Jakarta, Kamis.
Sumber :
  • ANTARA/Aprillio Akbar

VIVA.co.id – FFI (Festival Film Indonesia) 2016 akan digelar di Jakarta pada November nanti. Ada yang berbeda pada perayaan bagi insan film kali ini. Panitia FFI 2016 akan menghadirkan kategori baru, yakni soundtrack film (OST) terbaik.

BPK Dorong Insan Film Buat Film tentang Harta Negara

“Ada kategori baru yang kita adakan tahun ini yaitu soundtrack. Karena soundtrack punya peranan penting dalam sebuah film,” ujar Lukman Sardi selaku Ketua Pelaksana FFI 2016 saat ditemui di kawasan Soedirman, Jakarta, Kamis, 21 Juli 2106.

Selain itu, panitia mulai menjajaki kemungkinan merangkul para filmmaker dari negara di ASEAN. Mereka akan membuat rencana panjang guna membuat kategori baru, Best ASEAN Movies.

Perdana, Festival Film Etnografi Indonesia Digelar Tiga Hari

“Kita lagi godok, pertama kita akan menghubungi konsul ASEAN untuk kirim film terbaik jadi nanti kita akurasi. Kalaupun hal itu belum tercapai kita akan mengundang mereka langsung ke FFI,” ujar Lukman.

Bukan tanpa alasan panitia ingin membuat kategori tersebut. Lukman mengatakan film di Indonesia saat ini telah bisa mengungguli film-film di ASEAN.

Tiga Film Indonesia Terbaik 2016 yang Bikin Kagum

“Karena kita lihat potensi film Indonesia bisa leading di ASEAN sekaligus kita mau buat ikatan erat antar filmmaker di ASEAN. Kita mau nunjukin ke internasional kalau ASEAN punya film baik," ucap Lukman.

Lukman pun mengaku mengacu pada ajang Oscar yang membuat kategori baru. "Kita mengacu ke Oscar yang punya best foregin language, kita lagi cari juri karena berbeda dengan kategori lain, at least punya nama terkenal di Asia,” ujarnya.

Launcing Festival Film Indonesia 2017, Senin, 21 Agustus 2017

FFI 2017 Mulai Tonjolkan Keberagaman

Tim juri menilai ada peningkatan kualitas.

img_title
VIVA.co.id
24 Oktober 2017