Film Leonardo DiCaprio soal Ekosistem Leuser Aceh Dirilis

Leonardo DiCaprio
Sumber :
  • instagram.com/leonardodicaprio

VIVA.co.id – Leonardo DiCaprio resmi merilis film dokumenternya yang berjudul Before the Flood, hari ini, Senin, 24 Oktober 2016, di Los Angeles. Film yang diproduksi dan dibintangi langsung oleh Leo ini merupakan dokumentasi kunjungannya ke kawasan Ekosistem Leuser di Aceh, Indonesia.

Leonardo Dicaprio & Tobey Magiure ke Bali hingga Viral DJ Una Disawer

Dari rilis yang diterima VIVA.co.id, Before the Flood menyoroti kerusakan hutan yang berperan penting sebagai penyebab polusi karbon pada atmosfer bumi. Selain itu, film ini juga menceritakan bagaimana perluasan masif industri perkebunan kelapa sawit di Asia Tenggara menjadi pusat penyebab krisis tersebut.

Before the Flood mencatat kebakaran akibat ulah manusia di Indonesia menghasilkan polusi karbon lebih tinggi dari jumlah karbon yang dihasilkan oleh rata-rata seluruh aktivitas ekonomi AS per hari. Kebakaran ilegal ini terjadi setiap tahun dan digunakan sebagai metode pembukaan lahan untuk perkebunan kelapa sawit.

Reunian sama Leonardo DiCaprio, Kate Winslet Gak Bisa Berhenti Nangis

Aerial konversi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit di area Ekosistem Leuser

Film ini disutradarai oleh Fisher Steven yang juga pernah memenangkan piala Oscar seperti Leonardo DiCaprio. Bekerja sama juga dengan Lindsey Allen, Direktur Eksekutif Rainforest Action Network, Before the Flood diharapkan bisa mendorong partisipasi yang lebih agresif untuk mengatasi krisis deforestasi ini.

Film Dokumenter dari Aceh Terpilih Sebagai yang Terbaik di FFI 2021

“Film penting ini menarik banyak perhatian yang diperlukan terhadap kehancuran hutan untuk kelapa sawit, yang menjadi pendorong terbesar perubahan iklim. Kita harus lebih agresif mengatasi krisis deforestasi di daerah-daerah seperti Ekosistem Leuser Indonesia,” kata Allen.

Seperti diketahui, Leonardo DiCaprio pernah menghebohkan dunia saat berkunjungi ke kawasan Ekosistem Leuser di Aceh beberapa waktu lalu. Kawasan ini dinilai memiliki tingkat pembukaan hutan yang sangat tinggi yang memperburuk masalah perubahan iklim. Indonesia saat ini menjadi salah satu penghasil karbon terbesar dunia, deforestasi besar-besaran di wilayah ini menjadi penyebab utamanya.

Yayasan Leonardo DiCaprio kemudian berkomitmen selama tiga tahun untuk menjadi penyandang dana utama dalam membantu upaya lokal dan internasional menyelamatkan Ekosistem Leuser.

Before the Flood akan disiarkan secara global dalam 45 bahasa di 171 negara melalui kanal National Geographic pada 30 Oktober 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya