Suksesnya Pemutaran Perdana Teater Musikal Antikorupsi

Teater Musikal Raksasa, Taman Ismail Marzuki (22/12/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putri Firdaus

VIVA.co.id – Teater berjudul 'Raksasa, Bisikan Akar Putih dari Pohon Tak Bertepi' hasil kerja sama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Yayasan Jendela Ide telah sukses dipertontonkan di hari pertama pada Kamis, 22 Desember 2016 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Rangkuman Gagasan Antikorupsi Anies, Prabowo dan Ganjar di PAKU Integritas KPK

Penonton teater ini didominasi oleh pelajar sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP). Tak sedikit pula orangtua dan guru yang datang mendampingi anak mereka menonton pertunjukan ini.

Teater ini menceritakan kisah lima orang murid yang berusaha untuk menghidupkan kembali ‘Pohon Harapan’ setelah hancur akibat tabiat buruk seorang pemimpin keji. Pemimpin tersebut juga telah mengubah kota menjadi tidak ramah lingkungan dan menimbulkan kesengsaraan bagi para penghuninya.

Anies Puji Standar Etika Orang-orang KPK Dulu: Datang di Sebuah Tempat, Tak Asal Ikut Makan

Untuk melawan sang pemimpin, dibutuhkan orang-orang dengan 10 nilai integritas, yaitu jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, adil, dan sabar. Kekuatan ini yang akhirnya membuat kekuasaan si pemimpin menjadi hancur.

Secara visual, teater ini sangat memanjakan mata. Kostum berwarna-warni dan teknologi video mapping untuk menggambarkan latar tempat cukup membuat penonton betah melihat pertunjukan hingga usai. Pemain teater juga didominasi oleh anak-anak belasan tahun yang menggemaskan.

Tak Hanya Ingin Revisi UU KPK, Anies Ingin Kembalikan Orang-orang Berintegritas ke KPK

Sesuai dengan target penontonnya, anak-anak dan remaja, dialog dalam teater ini dibuat dengan bahasa yang ringan dan diselingi lagu dengan lirik serta nada yang cukup mudah dicerna oleh anak-anak. Tak hanya itu, di salah satu adegan para penonton juga diajak menjadi bagian pertunjukan dengan membunyikan terompet yang sudah dibagikan sebelum masuk ke ruang pertunjukan.

Teater Musikal Raksasa, Taman Ismail Marzuki (22/12/2016)

Beragam komentar muncul dari penonton. Winda, orangtua yang membawa dua orang anaknya mengatakan bahwa pertunjukan ini menghibur dan menarik untuk ditonton oleh anak-anak.

"Ceritanya bagus, warna-warni gitu kan anak-anak suka. Kalau dipoles sedikit lagi mungkin akan lebih baik," kata dia kepada VIVA.co.id seusai pertunjukan.

Beda dengan Winda, Adhie, penonton yang juga datang bersama putranya menganggap 10 nilai yang hendak disampaikan kurang tersampaikan.

"Kalau ingin menyampaikan pesan 10 nilai integritas diri, saya rasa masih kurang tersampaikan. Nilai tersebut kurang dielu-elukan dalam dialog," kata dia.

Pertunjukan ini digelar selama dua hari mulai 22 hingga 23 Desember 2016 di Teater Ismail Marzuki. Tak perlu merogoh kocek untuk menyaksikan petualangan lima murid ini karena Anda bisa menontonnya secara gratis.

Teater Musikal Raksasa, Taman Ismail Marzuki (22/12/2016)

Teater Musikal Raksasa, Taman Ismail Marzuki (22/12/2016)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya