Pevita Pearce Tak Berniat Lecehkan Dewi Soekarno

Pevita Pearce
Sumber :
  • Bobby Agung/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, netizen sempat dihebohkan tatkala Pevita Pearce mengunggah foto berupa lukisan Proklamator Indonesia, Soekarno, beserta sang istri, Dewi Soekarno, di Instagram. Yang membuat heboh adalah foto istri Soekarno hadir tanpa busana.

Young Lex Bilang, Istrinya Eriska Nakesya Mirip Ariel Tatum dan Pevita

Foto tersebut merupakan lukisan hasil Ronald Manullang dan kepemilikan salah satu temannya. Dicerca netizen atas tindakannya mengunggah foto itu, Pevita yang tak berniat melecehkan satu atau dua pihak pun meminta maaf.

"Jika ada orang yang tersinggung, aku minta maaf karena tidak ada maksud apapun. Aku mencintai seni karena ia sangat luas dan tidak bermaksud ingin melecehkan siapa pun," kata Pevita, saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Kejutan untuk Pevita Pearce di Atas Panggung Indonesia Comic Con 2019

Diakui Pevita, dia amat menikmati ragam seni, khususnya lukisan. Ketika seseorang sudah menganggapnya sebagai sebuah karya seni, maka ia tak akan memandang hal tersebut sebagai sesuatu yang berada di luar konteks, semisal menganggapnya sebagai konten berbau pornografi.

"Kalau orang menyukai seni, mereka akan bisa memahami meski ada beberapa perbedaan budaya. Sebetulnya banyak sekali lukisan seperti itu di Indonesia, Bali contohnya," kata pemeran Amira di film The Guys itu.

Demi Sri Asih, Pevita Pearce Rela Terluka

Lukisan tersebut memiliki aliran surealisme, mengusung aspek-aspek yang berkaitan dengan alam bawah sadar manusia dan sifatnya non-rasional. Banyak pelukis di dunia yang mengusung gaya tersebut, sehingga Pevita meminta para netizen untuk melihat kondisi nyata di luar sana.

"Kalau mau komplain mengenai lukisan itu, kenapa enggak boikot museum-museum yang punya lukisan seperti itu? Saya tidak ada dasar untuk melecehkan, tapi karena saya mengagumi lukisan itu sebagaimana saya mengagumi seni peran," ujarnya.

Lukisan Soekarno, lengkap dengan jas dan tampilan khasnya, yang ditemani Dewi Soekarno namun tak berbusana itu, merupakan kepemilikan temannya. Pevita sempat menawarkan untuk membeli lukisan tersebut, meski sang teman tak mengizinkan.

"Bapaknya seorang kolektor. Ketika ditawar untuk dibeli, dia bilang enggak boleh karena itu adalah lukisan kesayangan bapaknya," kata Pevita.

Pevita sempat heran dengan tindakan netizen Indonesia yang mencaci maki dirinya di kolom komentar Instagram, sehingga ia pun menyerah dan menghapus foto itu. Kedepannya, ia berharap agar pengguna media sosial Tanah Air mampu meriset apa-apa yang dikonsumsinya di dunia maya.

"Sekarang ketika menilai sesuatu, ada baiknya kita meriset dulu, kenapa dia tidak memakai busana. Karena dia (Dewi Soekarno) digambarkan sebagai malaikat untuk Bung Karno, dia adalah istri kesayangan Bung Karno," tutur Pevita, menjelaskan analogi dan interpretasi yang berada di balik lukisan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya