Artis-artis Dukung Pembangunan Masjid di Sevilla

Dewi Sandra dan sejumlah artis Dukung Pembangunan Masjid di Sevilla
Sumber :
  • Bobby Agung/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pembangunan masjid agung beserta pusat kajian Islam telah lama diimpikan oleh komunitas Muslim di Sevilla, Spanyol, sejak tahun 2000. Mereka yang terdiri dari warga asli Spanyol dan pendatang dari Maroko, Algeria, Senegal, dan lainnya, aktif mengampanyekan wacana tersebut.

Kasus Korupsi Suami Sandra Dewi, Dewi Sandra Kena Imbas Salah Orang!

Tak lama setelahnya, medio tahun 2014, harapan itu lantas mulai terealisasikan lewat program "A Tile for Seville", yang berasal dari inisiatif Global Wakaf Foundation - Aksi Cepat Tanggap, Seville Mosque Foundation, dan Ukhwah for Ummah. Sederet artis Tanah Air serta Internasional, turut terlibat dalam program ini.

Aktris Dewi Sandra mengaku tergerak hatinya untuk terlibat dalam program "A Tile for Seville". Ia ingin, agar masyarakat Tanah Air ikut terlibat dalam proyek pembangunan masjid, serta pusat kebudayaan Islam tersebut.

Kisah Spiritual 6 Artis Indonesia yang Memutuskan Mualaf, Dian Sastro Usai Bom Bali

"Muslim di Indonesia yang dikenal banyak, diharapkan bisa membuat sesuatu untuk dunia. Apalagi, jika kita bersatu dengan negara tetangga lainnya seperti Malaysia dan Singapura," ujar Dewi di kawasan Kuningan Timur, pada Jumat 28 April 2017.

Ibrahim Hernandez, salah satu anggota komunitas Muslim di Sevilla, sekaligus Vice President of Seville Mosque Foundation, menyebutkan, Dewi Sandra merupakan salah satu artis pendukung program ini. Konon, masih banyak lagi yang terlibat dalam "A Tile for Seville".

Sempat Dikira Pindah Agama dan Berpakaian Terbuka, Dewi Sandra Kini Fokus Pelajari Al Quran

"Totalnya ada tujuh artis, dua di antaranya dari Indonesia. Ketujuh artis tersebut adalah Dewi Sandra, Oki Setiana Dewi, Elfaeza Ulhaq, Faizal Tahir, Suffian Amrin, Farah Asyikin, dan Irma Hasmie," kata Ibrahim.

Ketujuh artis tersebut, berperan dalam serial dokumenter garapan tim produksi Seville Mosque Foundation yang merekam jejak kekayaan Islam di Andalusia pada masa lampau. Dalam video tersebut, mereka menyapa Muslim minoritas di Sevilla dan menyimak ragam kisah yang ada.

"Mereka (para artis) adalah duta besar dari tiga negara yang menaruh perhatian besar pada ikhtiar komunitas Muslim di Sevilla untuk membangun masjid dan Islamic Cultural Center. Melalui dokumentasi perjalanan mereka di bumi Andalusia, kami ingin menyampaikan bagaimana Muslim minoritas di Sevilla amat membutuhkan rumah peribadatan yang mendukung," tutur Ibrahim.

Program "A Tile for Seville" saat ini masih dalam tahap pembangunan. Nantinya, ia bakal menjadi tempat peribadatan serta pusat kajian Islam bagi umat Muslim Sevilla, Spanyol serta daerah-daerah sekitarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya