Mana yang Lebih Disukai Netizen Indonesia, Marvel atau DC?

Chris Evans dan Sebastian Stan Film Captain America
Sumber :
  • REUTERS/Brendan McDermid

VIVA.co.id – Tahun 2017 ini merupakan pertarungan antara dua raksasa komik dunia di industri perfilman, yaitu DC Comics dan Marvel. DC Comics merupakan penerbit tokoh superhero popular seperti Superman, Batman, dan Wonder Woman. Sedangkan Marvel adalah pencipta Iron Man, Spider-Man, serta Captain America.

Penampilan Terkini Bintang Utama Serial Hits 1970-an Wonder Woman, Lynda Carter

Tahun ini, dua produsen komik tersebut meluncurkan film-film terbaru mereka. DC Comics akan mengangkat kisah jagoan wanita Wonder Woman ke layar lebar. Sebelumnya tahun lalu film Batman v Superman: Dawn of Justice juga diluncurkan dan mendulang sukses. Selain itu akan ada juga Justice League, film yang mengisahkan gabungan superhero DC dalam satu cerita.

Marvel turut meramaikan dengan film-film terbarunya. Bulan Juli ini, kisah Peter Parker Sang Manusia Laba-Laba dalam Spiderman: Homecoming akan tayang di bioskop Indonesia. Disusul kemudian Thor: Ragnarok yang akan meramaikan pecinta The Avengers.

Kolaborasi Mills dengan DC Comics Hadirkan Produk Olahraga Bertema Superhero

Isentia, sebuah perusahaan media intelligence asal Australia melakukan pemantauan terhadap pembicaraan netizen Indonesia mengenai film-film tersebut. Data yang diambil selama tiga bulan terakhir (11 Februari – 11 Mei 2017) mengukur film apa yang paling banyak dibicarakan netizen Indonesia.

Menurut General Country Manager Isentia Jakarta, Luciana Budiman, hasil pemantauan tersebut menunjukkan minat untuk membicarakan film-film Marvel lebih besar daripada DC Comics. Superhero seperti Thor maupun Spiderman lebih memiliki daya magnet yang lebih kuat dibanding Wonder Woman maupun Justice League.

Dianggap Sebarkan Anti-Vaksin, Aktor Shazam! Zachary Levi Dihujat

“Dari hasil monitoring menggunakan teknologi Isentia, kami melihat porsi pembicaraan netizen untuk film Marvel sebesar 73,61 persen (8695 buzz), sementara untuk film-film DC sebesar 26,39 persen atau 3117 buzz. Tema pembicaraan mengarah pada trailer film yang sudah ditayangkan di YouTube dan aktor baru pemeran superhero tersebut,” ujarnya, dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

Luciana menambahkan, meski film Marvel banyak dibicarakan dengan totalitas positif, namun ada juga sentimen negatif yang mewarnai pembicaraan netizen. Demikian juga film-film DC Comics, tidak luput dari sentimen negatif yang disebabkan adanya promosi produk di dalam adegan-adegannya.

Secara umum, Thor: Ragnarok mendapat porsi pembicaraan terbesar yaitu 39.24% (4635 buzz), disusul dengan Spiderman: Homecoming sebanyak 34.37 persen (4060 buzz). Adapun dari DC Comics, film Justice League dibicarakan sebanyak 13.32 persen (1573) dan Wonder Woman sebesar 13.07 persen (1511 buzz). (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya