Film Bollywood 'Dangal' Rajai Box Office di China

Film Dangal meraih sukses di Tiongkok
Sumber :
  • indianexpress

VIVA.co.id – Film Bollywood tentang biografi olahraga, Dangal, yang dibintangi Aamir Khan telah menjadi film terlaris non-Hollywood di China dengan menghasilkan lebih dari US$117 juta di box office China. 

5 Film India Terbaik, Cocok Jadi Tontonan Saat di Rumah Saja

Informasi yang dilansir Indianexpress, situs tiket populer China, Maoyan, mengonfirmasi berita tersebut pada Selasa lalu. EntGroup, sebuah kelompok konsultan hiburan terkemuka, juga melaporkan bahwa penjualan tiket Dangal, yang dirilis di negara tersebut pada 5 Mei, telah mencapai 806 juta yuan. Angka itu pun terus meningkat dari hari ke hari.

Analis perdagangan Taran Adarsh menyebutkan angka capaian terakhir film Dangal pada Rabu, yaitu US$120,01 juta. Dia menulis dalam akun Twitternya, "#Dangal terus memikat hati + menang BO (box office) di China. Minggu ke-3. Senin: US$3,40 juta, Selasa: US$3,10 juta. Total: US$120,01 juta."

Tahun Ini Jadi Momen Penting Hubungan RI-India

Analis perdagangan Ramesh Bala juga mengungkapkan capaian tersebut ke akun Twitternya. Ia menuliskan, "#Dangal @ #China BO pada Selasa, 23 Mei 2017 mengumpulkan US$3,07 juta (19,91 Crs). Total sekarang mencapai US$120 juta." 

Film Padmaavat Sukses Besar, Ranveer Singh Naikkan Tarif?

Kondisi ini telah membuat Dangal menjadi tontonan film non-Hollywood berkinerja tertinggi di China. Film yang didasarkan pada kehidupan pegulat Mahavir Singh Phogat, telah menandingi Your Name, sebuah drama fantasi Jepang, yang menghasilkan 577 juta yuan (US$84 juta) di box office China tahun lalu.

Prasad Shetty, mitra aliansi strategis, sebuah perusahaan China yang mempromosikan film-film India di China selama beberapa tahun terakhir, mengatakan bahwa Dangal menciptakan sebuah rekor baru dengan menghasilkan US$15 juta pada Sabtu saja. 

Film yang disutradarai oleh Nitesh Tiwari ini masih terus bersaing ketat dengan film Bollywood Baahubali 2. Diprediksikan, Dangal memerlukan satu atau dua hari untuk mengungguli capaian film Baahubali 2 di seluruh dunia. 

Ramesh Bala menulis lagi di Twitternya, "#Dangal @WW BO (sampai 23 Mei 2017): #China - 778 Crs #Taiwan - 26 Crs. RoW - 744 Crs Total - 1.548 Crs." Sementara itu, Baahubali 2 berada di level Rs 1.577 Crore hingga Senin lalu. 

Dangal adalah film ketiga Aamir Khan yang dirilis di China. Ia sudah menjadi bintang populer berkat keberhasilan film-film sebelumnya, 3 Idiots dan PK di sana. Saat ini, Dangal diputar sekitar 7.000 layar di China dan telah menjadi sepopuler film Awara yang dibintangi Raj Kapoor pada 1950.

Saat Aamir pergi ke China untuk premier film tersebut, diterima dengan banyak cinta oleh penggemarnya di sana. Superstar tersebut melakukan tur ke Beijing, Shanghai dan Chengdu. Film ini tidak hanya mendapat tepuk tangan meriah di premiere-nya. Beberapa bintang film top China juga menulis tentang apresiasi mereka terhadap Dangal di blog mereka.

Kondisi itu membuat Aamir, menjadi populer di blog China, Weibo, di mana dia sekarang memiliki pengikut 6,55 lakh (yang berarti 65,5 juta). Amir membuat akun Weibo tersebut untuk mempromosikan drama gulat di China. 

Nama Amir dalam bahasa China dikenal menjadi Amier Han. Hari ini, dia telah melampaui Perdana Menteri India Narendra Modi dengan pengikut terbesar Weibo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya