Pemilihan Lampu untuk Rumah yang Lebih Nyaman

www.dekoruma.com
Sumber :

VIVA.co.id – Salah satu hal yang membuat rumah Anda nyaman ditinggali adalah teknik pencahayaannya. Selain dekorasi dan penataan perabot yang baik, teknik pencahayaan yang benar akan membuat rumah akan tampak cantik. Sayangnya, tidak semua orang mengerti bagaimana cara mengatur pencahayaan yang tepat sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya.

Bisa Ditiru, Desain Interior Hangat untuk Momen Spesial Idul Fitri

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengatur pencahayaan ini? Dekoruma akan berbagi tipsnya yang mudah dan bisa segera diaplikasikan berikut ini:

Bedakan jenis lampu yang digunakan berdasarkan fungsi ruangan
Setiap ruangan berhak mendapatkan jenis lampu yang sesuai dengan fungsinya masing-masing. Sedikitnya, terdapat tiga jenis lampu yang bisa Anda gunakan untuk ruangan yang berbeda, yaitu lampu LED, lampu hias, dan lampu gantung.

Mengenal Keindahan Desain Interior Italia, Kedepankan Gaya Unik dan Klasik

Lampu LED terkenal karena kemampuannya menghemat energi yang digunakan tapi tetap mampu memancarkan cahaya yang cukup terang. Selain itu, lampu jenis ini juga relative lebih panjang umurnya dibandingkan lampu lain. Anda bisa memasangnya di ruang tamu atau ruang keluarga dengan menambahkan dimmer sebagai pengontrol cahaya. 3+ Projects adalah contoh merek penyedia lampu LED dengan berbagai model yang dapat Anda temukan di Dekoruma. Anda dapat menemukan berbagai jenis lampu LED sesuai kebutuhan Anda melalui website Dekoruma.

Lampu hias dengan bentuk yang beragam cocok digunakan di ruang tidur untuk mempercantik kamar Anda. Selain berfungsi sebagai dekorasi ruangan, beberapa lampu hias ini mampu mengatur cahaya yang lebih redup sehingga nyaman saat Anda ingin beristirahat. Sedangkan lampu gantung lebih cocok dipasang di atas meja makan. Cahaya yang tak begitu terang mampu menghadirkan kenyamanan lebih saat Anda bersantap bersama keluarga. Anda dapat mengunjungi Dekoruma untuk menemukan aneka model lampu gantung.

Saatnya Desainer Lokal Unjuk Gigi di Kompetisi Desain Interior Toko, Ada Pelatihan Gratisnya

Pasang dimmer demi kenyamanan
Apa itu dimmer? Dimmer berfungsi sebagai pengontrol cahaya yang dihantarkan oleh lampu. Dengan adanya dimmer, Anda tak lagi terjebak pada pilihan membiarkan lampu menyala atau memadamkannya.

Dimmer sangat cocok diletakkan di kamar dekat tempat tidur sehingga Anda bisa mengatur cahaya lampu tanpa beranjak dari tempat tidur. Selain di kamar tidur, dimmer juga bisa dipasang di kamar mandi. Redupkan lampu di kamar mandi jika Anda terbangun tengah malam dan butuh ke toilet. Dengan cahaya yang redup, Anda tak akan kesulitan kembali tidur nantinya.

Pasang lampu sesuai kegiatan apa yang dilakukan
Umumnya, peran lampu sangat krusial saat Anda melakukan tiga kegiatannya itu membaca, menghadap laptop, dan merias wajah. Ketiga kegiatan tersebut membutuhkan daya lampu dan tingkat kecerahan yang berbeda.

Pertama, saat membaca, Anda butuh lampu dengan daya 40-60 watt. Hal ini untuk menghindari munculnya bayangan objek lain di atas buku yang menyebabkan Anda merasa terganggu.

Kedua, untuk bekerja di depan laptop atau menonton film, pastikan cahaya di kamar tidak lebih terang dari yang dihasilkan oleh layar laptop. Jika cahaya ruangan lebih terang, mata Anda akan kesulitan menyesuaikan cahaya dan menyebabkan kelelahan berlebih.

Ketiga,  Untuk merias wajah, Anda butuh cahaya yang lebih terang lagi. Anda butuh pencahayaan total setidaknya 80 watt untuk mencegah kurangnya cahaya yang menyebabkan kesalahan dalam berias. Agar lebih mudah, gunakan dua lampu di meja rias (masing-masing daya 40 watt) atau empat lampu (masing-masing 25 watt)

Jadi, bagaimana? Tak sulit kan untuk menciptakan rumah idaman dengan teknik pencahayaan yang tepat? Segera dapatkan lampu yang Anda butuhkan di Dekoruma tanpa harus memikirkan ongkos kirim karena tersedia layanan gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah Pulau Jawa-Bali, dan kota lain seperti Medan, Makassar, Pekanbaru, Padang, Palembang, Pontianak, Jambi, dan Bengkulu.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya