Tunggak Pajak, Raffi Ahmad Dikritik Guru Besar Sosiologi

Raffi Ahmad dan mobil mewah.
Sumber :
  • Twitter Raditya Dika @radityadika

VIVA.co.id – Kalangan artis dalam beberapa hari terakhir ini menjadi sorotan karena menunggak kewajiban membayar pajak kendaraan. Beberapa nama beken seperti Raffi Ahmad, Anjasmara, Tukul Arwana, hingga Roro Fitria.

Viral Aksi Warga Dubai Tarik Mobil saat Banjir Pakai Jetski

Kritikan tertuju kepada para artis ini. Punya harta berlimpah namun menunggak pajak kendaraan mobil mewah. Sebut saja artis Raffi Ahmad yang gemar mengoleksi mobil mewah. Tak tanggung-tanggung artis serba bisa ini memiliki 13 kendaraan mewah yang nilai mencapai puluhan milyar rupiah. Banyaknya koleksi kendaraan mewah tersebut Raffi justru belum membayar pajaknya.

Pakar sosiolog, Darsono Wisadirana menilai gaya hidup artis yang serba mewah membuat meraka lupa tentang kesadaran membayar pajak. Ia mengatakan saat ini para artis lebih mendahulukan sikap gaya hidup tinggi ketimbang kewajiban membayar pajak.

Terungkap Perbedaan Alasan Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad yang Putuskan Adopsi Anak

"Hedonis gaya hidup mereka lebih penting dari pada bayar pajak. Ini yang membuat pilu sebagai publik figur dan dicontoh rakyat," kata Darsono dihubungi VIVA.co.id, Jumat, 25 Agustus 2017.

Ia menilai mental gaya hidup bisa memengaruhi sikap dalam menjalankan kehidupannya. Meskipun bisa juga mengedepankan karena faktor lupa membayar pajak karena kesibukannya.

Mengenaskan, Ini Penampakan Mobil-mobil Mewah Terendam Banjir di Dubai

"Mungkin sekarang  kebutuhan dia lagi banyak, artis kan kebutuhannya banyak,  belum kalau  jalan-jalan ke luar negeri," dia menambahkan.

Alasan lain para artis tidak membayarkan pajak kendaraan mewahnya lantaran nilai pajak yang terlampau tinggi. Namun, ini mestinya sudah menjadi konsekuensi para artis saat membeli. Karena sebelumnya seseorang memiliki kendaraan harus mengetahui juga besarnya pajak yang akan ditanggungnya.

"Saat ini pajak memang sangat tinggi tapi itu risiko sebagai warga negara Indonesia. Apalagi punya barang mewah belum kena pertambahan nilai, pajak lainnya," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya