Kemeriahan Jak Japan Matsuri di Tengah Kemacetan

Jak Japan Matsuri 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Festival tahunan yang digelar oleh Kedutaan Besar Jepang, Jak Japan Matsuri 2017, kembali digelar. Berbeda dari tahun sebelumnya, acara tahun ini diselenggarakan di Lapangan Wisma Aldiron, Jakarta Selatan.

Sisi Lain Kehidupan Pegulat Sumo Terkenal di Jepang

Meski lokasi festival dikepung kemacetan Jakarta, namun hal itu tidak menghalangi antusiasme pencinta budaya Jepang untuk datang. Dari yang sekadar mencari kuliner khas Jepang hingga menyaksikan atraksi budayanya.

Salah satunya adalah Parade Mikoshi, yakni pengusungan tandu tradisional Jepang. Mikoshi merupakan tandu yang dihias megah dan dipercaya dinaiki oleh objek pemujaan atau roh dari kuil Shinto di Jepang.

Unik Banget! Kotak Susu Era 1980 yang Hits di Jepang

Sekjen Komite Jak Japan Matsuri, Takeyama Kenichi mengatakan, lokasi yang berubah dan akses jalan yang macet, membuatnya tak banyak berharap jumlah pengunjung bisa lebih banyak dari tahun sebelumnya.

"Tahun sebelumnya jumlah pengunjung mencapai 30-35 ribu. Tahun ini bisa sampai 30 ribu sudah bagus, karena lokasinya yang kurang strategis," kata Takeyama kepada VIVA.co.id di Wisma Aldiron, Jakarta, Sabtu 9 September 2017.

Mencicip Kuliner Jepang Hingga Bergaya dengan Yukata

Jak Japan Matsuri tahun ini kembali mengangkat tema Indonesia and Japan Always Together, yang menunjukkan semakin eratnya hubungan Indonesia dengan Jepang.

Festival tahun ini, kata Takeyama, juga sebagai penyambutan peringatan hubungan diplomasi Indonesia-Jepang ke-60 pada 2018 mendatang.

"Besok malam kami juga akan mengumumkan penunjukan Duta Persahabatan Indonesia-Jepang," tuturnya.

Dengan diselenggarakannya acara ini, Takeyama berharap, akan semakin erat lagi hubungan persahabatan antara Indonesia dengan Jepang. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya