Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 18 Oktober 2017 | 10:53 WIB
  • 5 Trik Hidupkan Suasana Ruangan dengan Cahaya Lampu

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Ayu Utami Paramitha
5 Trik Hidupkan Suasana Ruangan dengan Cahaya Lampu
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi lampu ruangan

VIVA – Pencahayaan dapat membentuk suasana dalam ruangan, selain menjadi penghangat dan membantu penerangan. Memposisikan lampu dengan tepat juga dapat membangun suasana hati orang-orang yang berada di ruangan tersebut menjadi menyenangkan.

Dilansir dari Architectural Digest, Rabu 18 Oktober 2017, berikut adalah hal-hal yang sebaiknya dihindari ketika mendekorasi ruangan dengan menggunakan lampu menurut buku Rockett St George: Extraordinary Interiors.

1. Jangan meletakkan lampu tepat di atas kepala, walaupun lampu tersebut terlihat sangat cantik

Hal ini sering sekali terjadi tanpa kita sadari. Ruangan terlihat sangat dramatis dan penyebaran cahaya tidak dapat bekerja dengan maksimal. Sebaiknya menggunakan dua lampu yang diletakkan pada kedua sisi ruangan sehingga pencahayaan yang dihasilkan lebih maksimal.

2. Jangan membeli bola lampu neon

Bolam lampu neon akan memberikan hasil yang sangat terang, tapi hal tersebut tidak sesuai dengan rumah Anda, karena rumah merupakan tempat untuk beristirahat. Lebih baik memilih bohlam lampu dengan cahaya yang lebih hangat, seperti lampu LED dengan watt yang tidak begitu tinggi. Sehingga Anda dapat menambah kenyamanan waktu istirahat Anda.

3. Jangan menggunakan lampu terlalu banyak pada satu ruangan

Salah satu penggunaan lampu adalah untuk membangkitkan kesan hangat dan nyaman pada ruangan tersebut. Namun bagaimana jika digunakan secara berlebihan? Pastinya akan menghasilkan suatu yang tidak baik. Lebih baik memikirkan ukuran, ketinggian, dan peletakan lampu yang tepat, sehingga menciptakan hasil yang terbaik.

4. Jangan menggunakan satu jenis lampu yang sama pada setiap ruangan

Pikirkan fungsi dari suatu ruangan sebelum menggunakan lampu. Beberapa tempat tidak sesuai jika menggunakan lampu dengan cahaya yang terang atau cahaya yang redup.

Contohnya pada ruang dapur, dan ruang makan. Kedua ruangan tersebut sering sekali digunakan untuk beraktivitas, karena itu lebih baik menggunakan lampu yang terang, dibandingkan dengan lampu dengan cahaya redup.

5. Jangan lupa memperhatikan bayangan yang dihasilkan

Ketika menggunakan lampu pada ruangan, akan memberikan bayangan yang dihasilkan dari perpaduan lampu dengan furnitur di bawahnya. Pencahayaan yang lebih terfokus pada satu titik sangat sesuai untuk ruang belajar dan bekerja.