Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 25 November 2017 | 11:10 WIB
  • Puncak Acara, Kahiyang Pakai Mahkota Bulang Tingkat Lima

  • Oleh
    • Eko Priliawito,
    • Putra Nasution (Medan)
Puncak Acara, Kahiyang Pakai Mahkota Bulang Tingkat Lima
Photo :
  • YouTube
Prosesi Adat Pernikahan Kahiyang - Bobby

VIVA – Pesta adat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi) di Jalan Setia Budi, Medan, Sumatera Utara, masih berlangsung Sabtu siang, 25 November 2017.

Setelah kedua orangtua mempelai menari Tor-tor, prosesi dilanjutkan dengan mengiring Bobby dan Kahiyang untuk mengikuti upacara puncak dalam pesta ini.

Tampak Bobby mengenakan baju godang atau baju kebesaran. Dengan penutup kepala berwarna hitam dengan ornamen keemasan yang disebut Ampu. Ampu ini merupakan mahkota yang dipakai raja-raja Mandailing pada zaman dulu.

Sementara Kahiyang mengenakan bulang bertingkat lima. Dalam ada Mandailing, ada tingkat sosial dari bulang yang dikenakan. Semakin tinggi yang dipakai, tentu akan makin tinggi derajatnya.

Dari pantauan, Kahiyang berjalan di depan Bobby saat masuk tempat pesta adat untuk prosesi pemberian marga dan gelar bagi Bobby dan Kahiyang, setelah sebelumnya mempelai telah mengikuti upacara melepas masa lajang.

Dalam prosesi ini, pengantin wanita memang mendapat tempat untuk berjalan di depan pengantin pria. Ini sebagai tanda bahwa pengantin wanita lebih dihormati. Prosesi kali ini juga sebagai gambaran bahwa keluarga besar Bobby telah menerima keluarga besar mempelai wanita.

Sebagai raja yang datang dalam acara itu, Presiden Jokowi dan Iriana menyampirkan ulos kepada Bobby dan Kahiyang. Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi melakukan tarian Tor-tor. Presiden dan perwakilan mempelai laki-laki mengawali menari. Dilanjut kemudian perwakilan keluarga mempelai wanita. Dengan berbalut kebaya warna merah dan jilbab merah, Iriana Jokowi tampak anggun melakukan tarian.

Ibunda Kahiyang Ayu, tidak sendirian menari Tor-tor. Ada besannya, atau ibu dari Bobby Nasution,  Ade Hanifah Siregar bersama pihak keluarga dan para istri sejumlah penjabat. Meski terlihat canggung, namun Irian dengan santai melakukan manortor.

Untuk diketahui, pesta adat Mandailing dan resepsi ngunduh mantu ini akan mencapai puncaknya pada hari ini. Setelah prosesi adat dilakukan, kedua mempelai akan mengikuti gelar kirab budaya.