Senjata Aman Tangkal Jerawat

Ilustrasi kulit sehat.
Sumber :

VIVAlife - Hampir semua orang  pernah bersinggungan dengan masalah jerawat. Pada beberapa kondisi kulit jerawat bahkan terus muncul tanpa henti. Biasanya ini karena gangguan pada kelenjar sebasea, kelenjar dalam kulit yang memproduksi zat berminyak.

Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam

Jerawat akan tumbuh, saat kelenjar ini mengalami penyumbatan, entah karena minyak yang berlebih ataupun kotoran.

Penyebab jerawat tentu tidak hanya karena substansi minyak yang berlebih, tapi juga faktor genetik, alergi, stress, dan efek penggunaan obat tertentu. Selain itu juga penggunaan kosmetik dan siklus menstruasi. 

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang

Beberapa cara berikut dapat digunakan sebagai teknik "manajemen jerawat" yang ampuh. Anda dapat mengendalikan jerawat dengan menggunakan vinegar. Cuka ini dapat menghilangkan jerawat dari wajah. Jika merasa terlalu kental, Anda dapat melarutkannya dengan sedikit air. Oleskan cuka pada jerawat, diamkan selama lima hingga sepuluh menit sebelum Anda membilasnya.

Bagaimana dengan penumpukan sel kulit mati yang akan mengikat kotoran? Ini juga memberikan kontribusi pada munculnya jerawat. Dan lemon akan menjadi senjata yang paling pintar. Mekanisme kerjanya sama seperti scrubbing. Cukup oleskan air atau jus lemon pada wajah sebagai masker. Bahan asam ini akan cepat memberikan reaksi kilat untuk  pengelupasan kulit mati. Keunggulannya dibandingkan scrub, air lemon ini sekaligus mengurangi minyak dan anti bakteri.

Peremajaan Sawit Jauh dari Target, Airlangga: Hanya 50 Ribu Hektare per Tahun

Selain kedua bahan di atas, nutrisi tubuh menjadi sangat penting untuk pencegahan jerawat. Vitamin A pun penting untuk kehalusan wajah. Asupan vitamin A yang cukup dalam tubuh akan membantu mencegah masalah ini. Selain vitamin A, seng juga dapat mempercepat penyembuhan jerawat, dan melawan infeksi atau peradangan yang mungkin terjadi. Anda bisa mendapatkannya melalui konsumsi daging,  makanan laut, dan sayuran hijau. (umi)

Sekjen DPP Partai Golkar, Letjen TNI (Purn.) H. Lodewijk Freidrich Paulus

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Menurut Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Munas yang dihelat Desember 2024 sudah diatur dalan AD/ART partai.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024