Tranplantasi Rambut Solusi Aman dari Kebotakan

botak
Sumber :

VIVAlife - Rambut adalah mahkota, kehilangan rambut sama dengan kehilangan mahkota. Seiring perjalanan usia, banyak orang yang mengalami kebotakan. Bagi orang yang peduli dengan penampilan, ini adalah sebuah malapetaka.

Jika pengobatan rambut rontok sudah tidak ampuh, Anda mungkin dapat mempertimbangkan tindakan bedah, yaitu dengan cara tranplantasi rambut. Prosedur ini menjadi cara aman untuk menghindarkan seseorang dari kebotakan.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, Dr Akshay Batra, Sr VP, Trichological London menjelaskan beberapa poin penting ritual penumbuhan rambut ini.

Apa itu transplantasi rambut?

Transplantasi rambut adalah proses pencangkokan folikel rambut yang hidup untuk bagian kepala yang mengalami kebotakan. Untuk menanamkan rambut digunakan prosedur bedah kecil (minor).

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Hasil rambut yang tumbuh itu pun akan tampak alami. Jika Anda juga mengalami masalah dengan kebotakan, cara ini bisa Anda lakukan demi menumbuhkan kembali rambut di bagian kepala yang gundul.

Bagaimana cara kerja transplantasi rambut?

Setelah tranplantasi rambut, Anda akan memperoleh rambut alami sendiri, bukan buatan. Pasalnya, rambut yang ditanamakan dalam kulit kepala adalah helaian rambut pribadi. Selanjutnya, rambut tersebut ditanamkan di area kebotakan, sehingga menciptakan garis rambut baru, speerti yang dilansir Health.india.com.

Apakah tranplatasi itu aman?
Prosedur ini dikategorikan aman, dibandingkan dengan perawatan kosmetik. Meski melalui proses bedah, pasien tidak akan merasakan sakit. Sebelumnya, pasien akan menjalani anestesi terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa sakit.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Mungkin usai operasi bedah, Anda sudah dapat melihat garis rambut di kepala. tapi, untuk melihat hasilnya, dibutuhkan waktu 9-12 bulan. Setelah itu, rambut akan mulai tumbuh normal.

Bagaimana dengan perawatannya?

Tidak dibutuhkan perawatan khusus seperti hair extension. Selama proses pertumbuhan dan sesudahnya Anda dapat melakukan perawatan rambut secara normal, tidak ada pantangan atau harus pergi ke salon. 

Pemain Timnas Indonesia U-23

Pengakuan Pelatih Yordania Jelang Laga Lawan Timnas Indonesia U-23

Yordania akan melakoni laga hidup mati melawan Timnas Indonesia dalam matchday ketiga Grup A Piala Asia U-23 2024. Begini pengakuan pelatih Yordania.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024