Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 17 Mei 2013 | 16:35 WIB
  • Lima Khasiat Alami Gula untuk Kecantikan Kulit

  • Oleh
    • Maya Sofia,
    • Marlina Irdayanti
Lima Khasiat Alami Gula untuk Kecantikan Kulit
Photo :
Gula bisa menjadi bahan alami untuk merawat kecantikan kulit.

VIVAlife - Jika dikonsumsi sebagai bagian dari makanan biasa, gula merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari. Karena gula adalah salah satu pemicu naiknya berat badan. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga dapat menyebabkan jerawat dan keriput.

Meski demikian, gula memiliki banyak manfaat jika digunakan untuk tubuh bagian luar. Gula dapat digunakan sebagai scrub untuk mencegah jerawat, menjaga bibir agar tampak halus dan lentur, membuat lipstik tahan lama dan menjadikan kulit tampak bersih bersinar. Seperti dilansir Boldsky, berikut manfaat gula bagi kecantikan.

Mencegah penuaan

Jika dikonsumsi secara berlebihan, gula terbukti dapat menyebabkan keriput. Tapi ketika digunakan sebagai exfoliant, gula dapat menghilangkan keriput dan garis-garis halus yang muncul di wajah Anda. Scrub yang terbuat dari gula dan lemon dapat mencegah bintik-bintik tanda penuaan kulit, memperbaiki tekstur kulit dan membuat kulit Anda tampak bercahaya.

Anda bisa menyembunyikan tanda-tanda penuaan dengan gula secara teratur, sehingga kulit terlihat lebih muda. Gula juga dapat mengusir bintik-bintik hitam dan noda yang disebabkan paparan sinar matahari.

Melembabkan kulit

Ketebalan sel-sel mati pada permukaan wajah akan berkurang seiring dengan penggunaan gula. Karena gula dapat mengembalikan keseimbangan minyak kulit. Selain itu, wajah Anda akan dilembabkan dan dilindungi dari berbagai racun.

Gula juga dapat mencegah kulit dari kekeringan. Campurkan gula dengan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak almond, dan minyak jojoba untuk mencegah kulit kering.

Membersihkan wajah

Gula mengandung asam glikolat yang merupakan manfaat kecantikan yang paling utama. Asam glikolat dapat menghapus sel-sel kulit mati dan kotoran pada permukaan kulit.

Membersihkan pori-pori Anda dengan gula secara teratur dapat mencegah jerawat atau komedo yang disebabkan oleh pori-pori yang terbuka. Tambahkan satu sendok makan gula dengan beberapa tetes madu dan minyak almond sebagai pembersih yang dapat menyerap kotoran dan minyak dari pori-pori.

Mengelupas kulit

Seperti diketahui lapisan terluar dari wajah tertutup sel-sel kulit mati. Asam glikolat yang terkandung dalam gula efektif dalam membersihkan lapisan sel-sel mati dan meregenerasi sel kulit baru.

Merawat bibir

Banyak wanita memiliki bibir pecah-pecah. Untuk menjaga bibir tetap lembut dan lembab, Anda dapat memanfaatkan gula. Buat pasta dari minyak zaitun dan gula kastor. Gosokkan perlahan pada bibir Anda untuk menyingkirkan kekusaman, dan kulit kering yang terbentuk pada permukaan bibir. Hasilnya, bibir Anda akan terlihat halus dan indah. (umi)