Di Jepang, Mahasiswa Boleh Pakai Kostum Unik Saat Wisuda

Upacara Wisuda
Sumber :
  • twitter.com/nikata920
VIVAlife
Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies
- Wisuda selalu menjadi momentum spesial bagi siapapun yang menempuh bangku kuliah. Meski hanya sebuah seremonial, segala atribut yang berkaitan dengan upacara kelulusan ini selalu tampak resmi. Mulai dari toga, baju longgar berwarna hitam dan topi hitam berbentuk bujur sangkar.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

Tapi bagi para mahasiswa di universitas seni di Jepang, upacara kelulusan justru menjadi momen di mana mereka dapat berkreasi seunik mungkin. Tidak akan ada toga atau topi bujur sangkar di perayaan wisuda mereka. Melainkan kostum-kostum unik, mulai dari superhero, alat musik hingga bungkus makanan.
Partai Pendukung Prabowo-Gibran Akan Kumpul, Termasuk PKB-Nasdem Diajak


Kanazawa College of Art memang membebaskan mahasiswanya untuk tampil unik di perayaan wisuda mereka. Seperti dilansir laman
Rocketnews24
, siswa boleh menggunakan apapun yang menurutnya menarik untuk dikenakan di upacara kelulusan itu. Ada siswa yang mengenakan kostum
power ranger
, kostum ponsel, kucing, semangka hingga biola.


Bukan hanya Kanazawa College of Art yang mengizinkan siswanya untuk berbusana unik. Kyoto University, yang merupakan universitas tertua di Jepang pun pernah membiarkan mahasisnya tampil unik di upacara kelulusan.


Meski demikian, tidak semua siswa tampil dengan gaya dan kostum yang unik. Beberapa siswa masih menjadikan wisuda sebagai momen sakral dengan menghadirinya menggunakan busana resmi dan sopan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya