Tujuh Cara Merawat Rambut Panjang

Wanita berambut panjang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Memiliki rambut panjang dan sehat adalah sebuah anugerah bagi sebagian orang karena merawat rambut panjang tidak semudah rambut pendek. Itu karena Anda memerlukan perawatan ekstra, seperti menggunakan sampo, kondisioner dan minyak rambut tertentu.

Kendati demikian, ada bahan alami yang dapat mendorong pertumbuhan rambut sekaligus merawatnya. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut panjang, seperti dilansir dari Boldsky.

Hindari pengering rambut

Jika rambut Anda basah, keringkan di bawah sinar matahari selama 15 menit. Hindari menggunkan hair dryer, setidaknya selama musim panas karena panas berlebihan yang dihasilkan alat tersebut dapat menyebabkan kerontokan rambut secara drastis.

Jangan menyisir rambut basah
 
Menyisir rambut basah dapat menyebabkan banyak masalah rambut, seperti bercabang dan rontok. Untuk merawat rambut panjang, biarkan rambut kering sebelum menyisirnya.

Jangan sering dikuncir
 
Jangan sering menguncir rambut panjang Anda untuk memberi kesempatan rambut bernapas. Sebab, sering menguncir rambut bisa membuat munculnya bakteri dan infeksi pada kulit kepala.

Gunakan sampo alami

Sampo alami atau buatan sendiri adalah bahan yang paling baik dan aman digunakan untuk rambut panjang. Sampo ini akan melindungi rambut dari semua masalah dan membuat akar rambut kuat dan sehat.

Lindungi dari sinar matahari

Rambut yang terlalu sering terkena paparan sinar akan menjadi kering, mengurangi kelembapan dan membuat kulit kepala gatal dan kering. Pastikan mengenakan penutup kepala atau topi ketika Anda keluar rumah.

Potong ujung rambut bercabang

Ujung rambut yang bercabang dapat membuat penampilan rambut menjadi buruk. Jika rambut panjang Anda memiliki cabang di bagian ujungnya, usahakan memotongnya sekali dalam sebulan. Anda juga bisa menggunakan masker rambut untuk memanjakan rambut dan membuatnya tetap sehat.

Fokus pada akar rambut

Fokuslah pada akar rambut karena itu penting untuk membuat volume dan panjang rambut sesuai yang diinginkan. Karena itu, gunakan bahan yang tepat untuk membuat akar rambut sehat dan kuat.
 

Perhatikan Durasi yang Tepat untuk Keramas
Ilustrasi gangguan jiwa

Bahan Alami untuk Mengobati Kerusakan Rambut

Salah satunya dengan menggunakan mentega.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016