Cara Tepat Bersihkan Kuas Make Up

Ilustrasi make up.
Sumber :
  • Pixabay/Annca

VIVA.co.id – Para wanita yang senang tampil cantik, sudah pasti tidak jauh dari make up. Tentunya, memiliki satu set alat make up merupakan hal wajib bagi mereka yang senang merias diri.

Bolehkah Berwudhu Ketika Memakai Make Up dan Softlens? Begini Penjelasan Buya Yahya

Beberapa alat make up memang tak selalu digunakan. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu menjaga kebersihannya.

Alat make up yang tidak terjaga kebersihannya biasanya akan memengaruhi usia dari alat make up itu sendiri. Selain itu, make up yang jarang digunakan bisa menjadi sarang kuman.

Viral Salon Tawarkan Makeup Mengerikan tapi Banyak yang Minat, Kok Bisa?

Dilansir dari Fashionista, peralatan make up seperti spons bedak, kuas blush on atau eyeshadow yang sering digunakan namun jarang dibersihkan tentunya akan penuh dengan kotoran yang berasal dari sisa-sisa make up, keringat, sel kulit mati, atau kotoran dan debu.

Jika Anda menggunakan kuas make-up setiap hari, ada kemungkinan kotoran dari produk akan lebih menumpuk, sehingga mudah menempel pada wajah Anda.

Transformasi Aulia Sarah jadi Badarawuhi: 3 Jam Makeup dan Rahasia di Baliknya

Membersihkan kuas make up juga tidak bisa sembarangan, dibutuhkan cara khusus agar tidak merusak kuas. Berikut ini cara membersihkan kuas yang tepat.

Pertama yang harus diperhatikan adalah sabun pembersih yang digunakan untuk membersihkan kuas. Untuk membersihkan kuas dari kotoran serta bakteri, Anda dapat menggunakan sabun batangan khusus yang telah diformulasikan untuk menyingkirkan sisa make up. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan sabun mandi untuk membersihkannya.

Ketika mencuci kuas, penting untuk selalu menahan mereka terbalik sehingga air tidak meresap ke bagian bawah bulu kuas yang menghubungkan bulu kuas pada pegangan. Seorang make up artist bernama Katie Jane Hughes pun merekomendasikan, untuk memegang kuas dengan keadaan terbalik di bawah air hangat yang mengalir dan sikat bulu dengan menggunakan sabun.

Untuk peralatan make up yang berupa spons, basahilah keseluruhan bagiannya dan berikan pembersih, yakni dengan campuran antara sabun mandi dan minyak zaitun. Ini merupakan solusi yang baik untuk membersihkan peralatan make up sekaligus melembutkan peralatan make up Anda.

Setelah bersih, bilaslah dengan air bersih atau air yang mengalir. Setelah itu, letakkan peralatan tersebut dan biarkan kering secara alami, jangan menggunakan alat pengering. Anda dapat mengeringkannya dengan memerasnya secara lembut. Adapun cara lain untuk mengeringkan adalah dengan menggunakan handuk kecil yang diletakkan dibawah ujung kuas lalu tekan dengan lembut.

       

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya