Tips Merawat Kebaya Encim Berbahan Bordir

Ilustrasi kebaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah

VIVA.co.id – Kebaya merupakan pakaian tradisional Indonesia yang memiliki bahan berbeda dengan model pakaian lainnya. Karena itu, mencuci kebaya perlu perlakuan khusus.

Potret Selvi Ananda Tampil Anggun Pakai Kebaya saat Upacara Tuai Pujian: Cantiknya Calon Ibu Negara

Menurut desainer Jeanny Ang, mencuci kebaya sembarangan bisa membuatnya cepat rusak. Khusus kebaya encim yang memiliki banyak bordir, Anda disarankan memerhatikan bahan dan bordir ketika mencucinya agar tetap awet.

"Untuk kebaya encim, sebaiknya jangan dicuci menggunakan mesin cuci. Sebab dapat membuat bahan atau benang jadi kusut," ujar dia saat ditemui di kawasan BSD City, Tangerang Selatan, Jumat, 12 Agustus 2016.

Video Raline Shah Sedang Fitting Kebaya Viral, Netizen: Beneran Mau Nikah?

Jeanny menyarankan mencuci kebaya dengan menggunakan tangan atau manual. Untuk sabun cucinya, dapat menggunakan sabun yang tidak keras dan yang tidak mengandung pemutih.

"Hindari juga penggunaan bahan pelembut yang umumnya mengundang wax karena dapat merusak serat kain. Selesai dicuci, kebaya cukup diremas dan hindari memeras berlebihan," tutur Jeanny.

Pernikahan BCL dan Tiko, Momen Haru Berbalut Nuansa Indah Nan Bahagia

Sementara untuk kebaya berbahan tulle, sebaiknya jangan disetrika, karena akan mengubah tekstur bahan menjadi lemas. Bila kebaya kusut, kata dia, cukup menggantungnya dengan hanger yang dilengkapi padding agar bagian lengan tidak koyak.

Dan untuk kebaya yang terbuat dari bahan seperti shantung, satin atau organza bisa disimpan dengan cara menggantung. Sebab bahan tersebut sangat mudah rusak.

Malaysia demam Baju Lebaran Indonesia

Warga Malaysia Demam Baju Lebaran Indonesia: Cantik, Unik dan Murah!

Banyak warga Malaysia berbondong-bondong ke Jakarta untuk mencari pakaian Indonesia yang terkenal cantik dan unik seperti kebaya, gamis hingga batik.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024