Serunya Perayaan Hari Batik di Museum Nasional

Perayaan Hari Batik di Museum Nasional
Sumber :
  • Viva.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Mitra Seni Indonesia (MSI), yang merupakan suatu perkumpulan orang-orang pemerhati, pencinta dan pelaku seni berpartisipasi pada acara Hari Batik Nasional. Meski Hari Batik Nasional sudah dirayakan Minggu, 2 Oktober 2016, namun suasananya masih begitu terasa hingga hari ini.

Museum Nasional Indonesia Tutup 1 Tahun untuk Revitalisasi, Ini Alasannya

Acara yang berlangsung di Museum Nasional Jakarta ini diinisiasi oleh Yayasan Batik Indonesia yang juga menggelar rangkaian pameran dan dialog batik. Susrinah Sanyoto Satrowardoyo, Ketua Dewan Pembina MSI mengatakan, acara ini digelar untuk mengenalkan sekaligus mengembangkan warisan Indonesia.

Dalam partisipasinya, MSI yang beranggotakan ratusan orang dengan rentang usia 50 tahun ke atas tersebut menampilkan berbagai kegiatan. Beberapa di antaranya, peragaan kain batik motif parang dari berbagai koleksi anggota MSI, Uyon-uyon Karawitan, paduan suara dan tarian tradisional yang diiringi gending Sriwijaya.

Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia Sarankan Pemerintah Buat Pedoman Mitigasi Bencana Museum

"Mitra Seni Indonesia berkesempatan mengisi acara dalam memperingati Hari Batik Nasional yang diberikan oleh Yayasan Batik Indonesia. Ini merupakan suatu kepercayaan dan membuktikan eksistensi MSI di kancah seni dan budaya," ujar dia saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin, 3 Oktober 2016.

Perayaan Hari Batik di Museum Nasional

Usai Kebakaran Museum Nasional, Ratusan Benda Bersejarah Berhasil Dievakuasi

Susrinah berharap acara ini dapat melestarikan kesenian Indonesia meski arus globalisasi sedang meningkat pesat. Ini sekaligus untuk meningkatkan citra ciri bangsa dan menginspirasi generasi muda untuk mencintai kesenian Tanah Air.

Piala Citra 2017

Nominasi Piala Citra FFI 2023 Diumumkan di Museum Nasional, Ini Alasannya

Malam puncak penganugerahan Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) akan segera digelar. Hari ini, nominasi FFI 2023 diumumkan di Museum Nasional, Jakarta. 

img_title
VIVA.co.id
14 Oktober 2023