Cara Mudah dan Cepat Bersihkan Cincin Berlian

Ilustrasi cincin
Sumber :
  • Pixabay/robtowne0

VIVA.co.id – Cincin menjadi salah satu perhiasan yang paling banyak dipakai kaum Hawa. Item perhiasan ini akan memberi penampilan yang berbeda bagi pemakainya.

Pasangan Ini Temukan Harta Karun dari Kursi Rp86 Ribu

Salah satu cincin dengan mata berlian paling sering menarik perhatian, karena kilaunya yang indah. Namun, jika cincin tersebut tidak dirawat, maka akan membuat penampilannya menjadi kotor dan kurang mengkilap.

Dan untuk mengembalikan kilau cincin berlian, Wakil Presiden Marketing Ritani, Mark Keeney berbagi cara untuk membersihkannya dengan mudah dan capat, seperti dilansir dari Pop Sugar.

Monster Laut Raksasa Setinggi 82 Kaki Ditemukan di Pantai Inggris, Bisa Jadi Reptil Laut Terbesar

Menurut Keeney, ada beberapa bahan yang bisa Anda gunakan di rumah untuk membersihkan cincin berlian. Pertama, baking soda, karena ringan dan memiliki kandungan nonabrasif yang tepat untuk membersihkan logam dan batu mulia.

Untuk membersihkan cincin, dia mengatakan, tuangkan sedikit baking soda ke dalam mangkuk dan campur dengan sedikit air hangat hingga menjadi pasta. Untuk membersihkannya, lepaskan cincin dan gunakan jari untuk menggosokkan pasta ke cincin dengan lembut.

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

"Kemudian, bilas cincin dalam air hangat dan keringkan dengan kain lembut, yang bebas serat," kata dia.  

Selain itu, pasta gigi juga bisa membersihkan cincin berlian dalam keadaan darurat. Caranya, ambil sikat gigi berbulu lembut atau sikat gigi anak, yang memiliki kepala kecil dan bulu lembut yang sempurna untuk membersihkan cincin. Gosok cincin dengan sikat, bilas dengan air hangat, dan keringkan dengan kain bebas serat.

Jika ingin membersihkan lebih lanjut, Anda bisa menyemprotkan sedikit deterjen cair pencuci piring ke bulu sikat gigi, tambahkan air hangat, gosok cincin dan batu berlian dengan lembut. Kemudian, bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan kain bebas serat.

"Jika cincin Anda sangat kotor, biarkan dalam larutan air hangat dan sabun selama 30 menit sebelum menggosok cincin," ujar Keeney.

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa menerapkan salah satu dari metode di atas, lanjutkan merendam cincin dalam campuran amonia dan air dengan perbandingan 1:3 selama 30 menit. Angkat cincin dan angin-anginkan hingga kering.

Untuk menjaganya tetap bersih dan mengkilap, dia mengingatkan untuk menghindari terkena hairspray, cat kuku dan pembersihnya serta pemutih lantaran mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan kimia itu berpotensi menyebabkan kerusakan serius pada cincin Anda.

Hal yang perlu Anda lakukan lainnya adalah melepas cincin ketika mandi, mencuci wajah atau menerapkan losion.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya