Gaun Wayang Golek di Miss Supranational 2016

Puteri Indonesia dengan pakaian wayang golek
Sumber :
  • VIVA.co.id/Al Amin

VIVA.co.id – Indonesia akan mengikuti ajang Miss Supranational 2016 yang akan digelar di Polandia. Pada ajang tersebut Indonesia akan diwakili Intan Aletrino, Puteri Indonesia Pariwisata 2016.

Puteri Indonesia Jabar 2022 Emban Misi Literasi-Digitalisasi Perempuan

Rencananya, pada ajang tersebut Intan akan memakai busana bermaterial batik tulis, yang mengangkat seni wayang golek. Busana ini hasil karya perancang Dyanand Fariz. Busana tersebut didominasi warna emerald green dan emas, dengan berat 12,5 kilogram.

"Kali ini terinspirasi satu karya yang ada di abad 17, karya berhubungan dengan kejayaan Jawa, yakni wayang golek. Bagian bawah kostum merupakan batik tulis bermotifkan wayang," kata Dyanand di acara pelepasan Putri Indonesia dalam ajang Miss Supranational 2016, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 9 November 2016

12 Potret Olvah Alhamid, Diduga Rasis Kepada WNA China

Dyanand berharap busana karyanya itu bisa menyabet penghargaan sebagai kostum nasional terbaik dalam ajang yang digelar setiap tahun tersebut. 

Sementara untuk acara di malam harinya, Intan akan menggunakan gaun dari kain Jumputan Cengkehan Solo, dengan cuttingan simple dan modern bertabur mutiara, karya Andhika Pramudhia dan Satria.

9 Fakta Unik Olvah Alhamid, Eks Puteri Indonesia Diduga Rasis pada WNA

"Mengapa bahan jumputan? Karena merupakan salah satu warisan budaya Indonesia. Mengapa menggunakan mutiara? Karena Indonesia kaya akan sumber daya kelautannya," kata Andhika dalam kesempatan yang sama. 

Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri K. Wardani mengatakan dirinya berharap bisa memperkenalkan budaya dan pariwisata Indonesia pada dunia melalui ajang Miss Supranational. 

"(Melalui ajang ini) kami ingin mengembangkan pariwisata melalui budaya. Mengedepankan kostum nasional, lalu gaun malam. Indonesia konsisten membawa nuansa kain tradisional Indonesia. Misi kami memperkenalkan budaya dan pariwisata Indonesia pada dunia," ujar Wardani.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya