Plus Minus Tabir Surya Krim dan Spray

Tabir surya
Sumber :
  • Pixabay/Beate

VIVA.co.id – Untuk menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari, memakai tabir surya merupakan keharusan. Saat ini, telah banyak aneka tabir surya di pasaran untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Mengapa Harus Tetap Gunakan Sunscreen Meski Cuaca Mendung atau Hujan?

Beberapa jenis tabir surya tersebut seperti krim, losion dan spray. Ketiga jenis ini memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai perlindungan kulit dari sinar UVA dan UVB.

Ahli kulit, dr, Srie Prihianti Gondokaryono, Sp.KK menjelaskan, produk tabir surya atau sunscreen dalam bentuk krim dan spray memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda. Kendati demikian, kandungannya diklaim sama, yang membedakan adalah teksturnya.

Review: Complete No-Stress Physical Sunscreen Ver.3, Tangkal Polusi dan Cuaca Ekstrem

"Secara umum, sunscreen berbasis krim dan spray efektivitasnya tidak jauh berbeda. Hanya saja yang membedakannya adalah dari teksturnya maka manfaatnya pun tentu tidak sepenuhnya sama," ujar Srie kepada VIVA.co.id dalam acara Nivea Sun Adventure Enjoy The Sun di kawasan Jakarta Barat, Rabu, 8 Maret 2017.

Dia menuturkan bahwa produk dengan basis berbeda tersebut memiliki tugas masing-masing, seperti sunscreen krim sebagai pondasi utama. Sedangkan sunscreen berbasis spray bisa dipakai sebagai touch up atau pengulangan saja.

Benarkah Tinted Sunscreen Lebih Bagus dari Tabir Surya Biasa?

Selain itu, suncreen berbasis krim juga lebih baik dalam memproteksi kulit meski terdapat kekurangan dari segi kenyamanan karena teksturnya yang berminyak dan sedikit lengket. Sementara untuk spray dinilai kurang memproteksi dalam melindungi kulit, namun lebih nyaman diaplikasikan karena memiliki bahan dasar air dan mudah menyerap kulit.

"Meski demikian, semua tergantung kenyamanan Anda dalam memakainya. Mau sunscreen krim atau spray, sama-sama dapat melindungi kulit," ucapnya.

Ilustrasi memakai sunscreen

Hindari Kanker Kulit, Ini Pentingnya Re-Apply Sunscreen

Nah, apakah kamu tahu bahwa pengolesan ulang atau reapply sunscreen juga sama pentingnya? Yuk simak penjelasan dan bagaimana cara mengaplikasikannya di artikel berikut!

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024