Benarkah Celana Jeans Tak Boleh Kena Air Laut?

Ilsutrasi tanpa celana.
Sumber :
  • Pixabay/Petra

VIVA.co.id – Beberapa orang masih beranggapan bahwa denim atau celana jeans tidak boleh terkena atau dicuci dengan air laut. Hal tersebut konon karena air laut mengandung kadar garam sehingga dapat membuat lapuk celana jeans kesayangan Anda.

Nakes Ancam Mogok Kerja hingga Anjuran Mencuci Celana Jeans

Namun, pernyataan tersebut tidaklah benar. Menurut Adhita Idris, Country Marketing Head Levi Strauss Indonesia, sebenarnya tidak ada masalah bila celana jeans dicuci dengan air laut atau biasa disebut sea wash.

Malahan celana jeans yang dicuci dengan cara tersebut dapat mengasilkan efek fading yang natural dan membuat celana lebih keren.

Seberapa Sering Jeans Seharusnya Dicuci? Ini Penjelasan Ahli

"Sebenarnya air laut itu enggak merusak jeans. Mencuci dengan cara ini bisa membuat fading pada celana jeans terlihat lebih natural dan keren," ujar Adhita di kawasan Jakarta Selatan, Selasa, 14 Maret 2017.

Dia menuturkan bahwa celana yang bisa dilakukan sea wash sebaiknya adalah celana yang belum pernah dicuci selama enam bulan. Sebab kurang dari waktu tersebut, efek fading nya tidak akan terlihat jelas.

3 Inspirasi Gaya Idol K-Pop Pakai Baggy Jeans, dari Girly Hingga Cool

"Sebaiknya lakukan sea wash pada celana yang belum dicuci sekitar enam bulan karena hasil fading-nya akan berbeda jika kurang dari itu," ucapnya.

Adapun cara yang bisa dilakukan yakni dengan membasahi celana jeans dengan air laut, lalu ambil pasir dan kemudian gosokkan pasir tersebut ke seluruh bagian celana jeans yang basah. Setelah itu, basahi kembali  celana jeans untuk menghilangkan pasir-pasir yang menempel. (ren)

Viral Penumpang Wanita Diduga Dilecehkan Sopir Taksi Online Gegara Pakai jeans

Viral Penumpang Wanita Diduga Dilecehkan Sopir Taksi Online Gegara Pakai Celana Jeans

Viral di media sosial, seorang penumpang wanita diduga dilecehkan seorang sopir taksi online gegara pakai celana jeans. Video itu pun menimbulkan komentar pro-kontra.

img_title
VIVA.co.id
6 Juli 2023