Kain Tradisional, Makin Rusak Makin Bernilai Tinggi

Diah Permatasari
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Kekayaan budaya Indonesia melahirkan beragam jenis kain tradisional atau wastra. Setiap daerah punya keunikannya tersendiri.

Unggah Video Kenangan dengan Kiki Fatmala, Diah Permatasari Ungkap Rasa Haru

Wastra nusantara sarat akan keindahan dan filosofinya. Bahkan, selembar kain ini bisa bernilai jual tinggi bila dalam proses pembuatannya membutuhkan waktu dan perjuangan yang tidak biasa.

Berbicara soal wastra, aktris cantik Diah Permatasari pun mengaku menjadi salah satu pencinta kain tradisional sejak masih kecil dan itu bermula dari batik. Wanita berusia 46 tahun itu telah memiliki ragam wastra nusantara dan tentunya harus asli dari hasil tangan si pengrajin.

Ozy Syahputra Sedih Kiki Fatmala Meninggal Dunia, Kenang Pertemuan Terakhir

"Koleksi wastra nusantara saya macam-macam tapi tidak banyak ya karena saya mau tidak asal punya saja. Itu (wastra nusantara) kalau yang benar-benar pencinta harus yang asli menurut saya," ujar Diah Permatasari kepada VIVA.co.id.

Dia menuturkan, koleksi yang harus dimiliki pencinta wastra nusantara adalah yang lawas atau antik. Hal itu karena proses dan filosofi dalam kain tersebut sangat dijaga.

Rahasia Rumah Tangga Harmonis Ala Diah Permatasari

Kain tersebut biasanya akan disimpan hingga rusak dan tidak menarik lagi. Bahkan dalam keadaan tersebut harga kain itu semakin bernilai tinggi.

"Kalau menurut saya pribadi koleksi kain saya harus antik atau biasa disebut lawasan. Sebab semakin kain itu rusak maka semakin bernilai tinggi," ucapnya.

Diah Permatasari, Armand Maulana dan Ozi Syahputra

Ozy Syahputra dan Diah Permatasari Nyesel Selalu Tolak Ajakan Kiki Fatmala Sebelum Meninggal

Meninggalnya aktris senior Kiki Fatmala menorehkan duka cita yang mendalam di hati anggota keluarga dan sahabat terdekatnya seperti Ozy Syahputra dan Diah Permatasari.

img_title
VIVA.co.id
6 Desember 2023