Tips Memilih Vendor Pernikahan Terbaik dari Pameran

Contoh dekorasi tema pernikahan botani
Sumber :
  • Bimo Aria/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Ada begitu banyak vendor yang menawarkan jasa terbaik tentu membingungkan pasangan yang ingin merencanakan pernikahan. Meski begitu, salah memilih jasa penyedia layanan pernikahan tentu akan merusak keseluruhan pesta yang sudah direncanakan jauh hari.

Cari Tahu Tren Pesta Pernikahan Tahun Ini, Calon Pengantin Wajib Datang ke Sini

Agar tidak terjebak memilih vendor yang tidak sesuai, Rina Gunawan, pemilik Rina Gunawan Wedding Organizer, memberikan sejumlah tips memilih vendor yang baik khususnya ketika Anda memilih vendor lewat pameran pernikahan.

"Yang pertama adalah temukan chemistry antara kita dan para vendor. Misalnya, ketika pasangan pertama kali bertemu, sudah terasa chemistry itu. Vendor bisa menangkap apa yang kita inginkan," kata Rina saat ditemui di acara di Balai Kartini, Jakarta, Rabu, 22 Maret 2017.

Dear Calon Pengantin, 3 Hal Ini yang Wajib Diperhatikan Sebelum Gelar Resepsi Pernikahan

Kedua, lihat dari hasil karya yang ditampilkan vendor. Contohnya, vendor dekorasi, dalam pameran mereka pasti akan mempercantik booth mereka. Selain itu, bisa dilihat juga dari album, CD atau lainnya.

Untuk memilih dekorasi, Rina menambahkan, tanyakan juga penggunaan bunga lokal dan impor. Dari bunga lokal apa saja yang dipakai dan dari bunga impor apa saja yang dipakai.

Jangan Sembarangan Cari Vendor Pernikahan

Di samping itu, tanyakan bonus-bonus yang ditawarkan oleh vendor itu. Ada kalanya vendor bermurah hati dalam memberikan banyak bonus seperti pagar dan gazebo, namun ada pula yang memberikan tarif tersendiri untuk dekorasi itu.

Yang terpenting adalah melihat apakah mereka memiliki legalitas perusahaan, misalnya apakah mereka berbentuk PT atau CV.

"Karena ada beberapa tahun lalu sempat heboh ada WO yang bekerja sama dengan vendor tapi melarikan keuangan. Kalau CV dia bisa jelas, jam terbang juga harus jelas," kata Rina.

Untuk makanan, tentu yang pertama adalah cita rasa. Jika saat pameran mereka bisa menghadirkan satu makanan favorit itu bisa jadi referensi yang cukup. Anda juga bisa menilai dari jam terbang vendor tersebut bagaimana dan berapa kapasitas orang lain yang sudah menggunakan jasa mereka.

Cara lain mendapatkan vendor yang bagus adalah mencari informasi melalui pesta pernikahan yang didatangi. Di pesta pernikahan biasanya nama vendor pasti akan terpampang dan jangan sungkan menanyakan pada pengantin vendor apa yang mereka gunakan.

Meski demikian, menurut Rina, yang paling mudah dalam menemukan vendor terbaik adalah dengan menggunakan jasa wedding organizer (WO). Karena, WO berfungsi sebagai jembatan yang pasti akan banyak mengetahui mana vendor yang bagus.

Mereka juga pasti sudah banyak melakukan kerja sama dengan vendor baik di Jakarta, maupun seluruh Indoneisa. WO ini akan memberikan penilaian vendor mana yang akan dipilih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya