Mengenal Ukuran Bra

Bra/pakaian dalam.
Sumber :
  • Pixabay/jackmac34

VIVA.co.id – Saat ini masih banyak wanita yang salah memilih ukuran bra yang dikenakan. Padahal pemilihan yang salah bisa mempengaruhi bentuk payudara Anda.

Hamil Enam Bulan, Wanita Cantik Ini Simpan Sabu dalam Bra

Seorang ahli di Triumph, Monica Harrington mengatakan bahwa sebanyak 76 persen wanita masih salah dalam memilih ukuran bra. Namun kali ini bukan membahas bagaimana memilih ukuran cup bra yang tepat, melainkan tentang asal mula diciptakannya ukuran cup bra tersebut.

Dikutip dari Huffington Post, ukuran cup bra terkait dengan struktur tulang rusuk, dengan penyebutan seperti A, B, C, D. Ukuran cup tidak mewakili volume, melainkan mewakili struktur tulang rusuk Anda. Sedangkan lingkar dada diwakili dengan angka, seperti 30, 32, 34.

Wanita, Yuk Ketahui Waktu Tepat Ganti Pakaian Dalam

Namun, kenapa cup AA sebagai penanda cup bra paling kecil, sementara cup DD paling besar? Sebenarnya tidak ada jawaban pasti kenapa cup AA lebih kecil dari A tetapi cup ganda lainnya, seperti DD, justru lebih besar dari ukuran aslinya. Ini cukup membingungkan karena tidak ada standar internasional untuk ukuran bra.

Kendati demikian, ada beberapa teori. Konsep ukuran cup bra kali pertama diperkenalkan pada tahun 1937 di Amerika Serikat, menyusul di Inggris pada tahun 1948.

Terungkap, Ukuran Payudara yang Bisa Bikin Wanita Bahagia

Inkarnasi pertama ini memiliki empat ukuran (A, B, C, D), yang menjadikan konsep D menjadi ukuran cup bra paling besar pada saat itu, sebelum akhirnya Katie Price mengaku memiliki cup bra D ganda alias DD. Padahal kenyataannya, sebanyak 57 persen wanita di Inggris sebenarnya memiliki cup D. Bahkan ukuran bra yang paling umum di Inggris adalah 36D.

Kemudian, ketika perusahaan bra memutuskan bahwa empat ukuran tersebut tidak lagi bisa mewakili berbagai ukuran, mereka menambahkan huruf tambahan sebagai penanda diferensiasi. Dan bukannya memilih A- misalnya, mereka menetapkan AA sebagai alternatif ukuran cup yang paling kecil.

Selain itu, untuk ukuran yang lebih besar, bukannya langsung melompat dari D ke E, mereka memilih DD. Ada perbedaan sekitar 2 centimeter hingga 2,54 cm antara masing-masing ukuran cup, sehingga AA memiliki ukuran 1 inci lebih kecil dari A dan DD memiliki ukuran 1 inci lebih besar dari D.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya