Rambut Sering Rontok, Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Memiliki rambut indah, sehat dan lebat menjadi keinginan banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang dianugerahi kondisi rambut yang baik.

Sering Dilakukan, Ini Penyebab Kerusakan Rambut yang Tak Disadari

Beberapa di antara mereka justru memiliki kondisi rambut yang mudah rontok. Normalnya, rambut rontok sekitar 150 helai per hari, namun jika lebih dari itu maka ada faktor fisiologis dn psikologi yang mempengaruhi.

Dan berikut ini lima penyebab rambut rontok beserta solusinya, seperti dilansir dari Real Simple.

Mengenal Transplantasi Rambut, dari Jenis hingga Bahayanya

Genetik

Rambut rontok bisa diakibatkan karena keturunan. Menurut data American Academy of Dermatology, rambut rontok karena keturunan diderita oleh 30 juta wanita di Amerika Serikat. Kondisi rambut rontok paling sering dialami di bagian atas kepala.

VIDEO: Obat Alami Ini Ampuh Atasi Diare Hingga Rambut Rontok

Perawatan rambut dengan kandungan bahan aktif minoxidil dapat membantu mengatasi rambut rontok dan menumbuhkan kembali rambut. Caranya, aplikasikan langsung ke kulit kepala dua kali sehari secara rutin setiap hari.

Stres

Rambut rontok juga bisa dipicu oleh faktor psikologi yang signifikan, seperti penyakit berkepanjangan dan diet ketat yang dapat membuat seseorang kehilangan zat besi, vitamin B12 dan protein. Kandungan itu semuanya penting untuk pertumbuhan rambut.  

Selain itu, peristiwa yang dapat memicu emosi hebat seperti perceraian yang dapat menyebabkan rambut rontok tiga sampai empat bulan kemudian. Biasanya rambut akan tumbuh kembali dalam beberapa bulan. Jika kekurangan gizi adalah penyebabnya, dokter Anda dapat membantu melengkapi diet Anda.

Obat

Beberapa alat atau obat kontrasepsi, antidepresan, antikoagulan, dan obat-obatan hipertensi, jerawat, dan kolesterol oral dapat menyebabkan rambut rontok. Sebaiknya, konsultasi ke dokter untuk mengatasinya.

Menyisir dan menguncir

Menyisir rambut terlalu keras atau mengepang dan menguncir rambut teralu kencang dan ketat dapat menarik rambut keluar dari akarnya, kondisi yang disebut traksi alopecia. Namun rambut akan kembali tumbuh, jika Anda menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Sistem kekebalan tabuh

Menderita alopecia areata, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut, sehingga menyebabkan rambut rontok. Namun suntikan cortisone dapat membantu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya