Resepsi Pernikahan Indoor dan Outdoor Lebih Mahal Mana?

Contoh dekorasi tema pernikahan botani
Sumber :
  • Bimo Aria/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Setiap pasangan pengantin pastinya menginginkan resepsi pernikahan yang berkesan. Untuk itu, dalam mewujudkannya, perlu menentukan konsep pernikahan yang matang.

Viral Pengantar Jenazah Lewat Depan Pelaminan saat Sedang Resepsi

Di Indonesia, penentuan konsep tak hanya hasil diskusi calon pengantin, tapi juga orang tua. Itu juga perlu disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Menurut Grace selaku vendor khusus dekorasi pernikahan, pesta pernikahan yang dilangsungkan di gedung masih menjadi pilihan calon pengantin. Meski begitu, pesta luar ruang (outdoor) atau garden party pun semakin diminati.

5 Fakta Menarik Pernikahan Christ Laurent dan Marcella Michelle, Baru Go Public Awal 2024

Untuk biayanya, banyak orang beranggapan bahwa pesta pernikahan di luar ruangan atau outdoor jauh lebih murah ketimbang di dalam ruang (indoor). Padahal pendapat tersebut tak semuanya benar karena dalam menyiapkan resepsi outdoor membutuhkan pengerjaan yang maksimal disesuaikan dengan cuaca.

"Terkadang pesta yang dilakukan di outdoor itu jauh lebih mahal ketimbang indoor karena outdoor memerlukan tenda dengan struktur yang kuat. Jadi saya rasa lebih ribet bahkan terkadang terkendala dengan cuaca, jadi harus didesain secara hati-hati," ujar Grace kepada VIVA.co.id.

Pusing Mikir Resepsi, Intip Cara Wujudkan Acara Pernikahan Impian

Dia menuturkan, bahwa sekalipun kedua pengantin menginginkan dekorasi yang biayanya sederhana, namun tetap terhitung tinggi. Menurut dia, biaya dekorasi saja, biayanya bisa mencapai Rp150 juta hingga Rp500 juta. Untuk desain, resepsi di outdoor tidak bisa sama persis dengan di indoor.

Umumnya untuk pesta outdoor memerlukan banyak pencahayaan, khususnya bila pesta diadakan pada malam hari. Namun, jika dilakukan pada siang atau pagi hari, tidak perlu menggunakan banyak pencahayaan sehingga bisa lebih hemat biaya.

"Jadi biaya untuk pesta outdoor itu tidak bisa dibilang murah meskipun tidak perlu menyewa gedung seperti di indoor. Namun perintilan lainnya, seperti pencahayaan dan dekorasi lainnya juga sangatlah berbeda dengan di indoor," ucap dia. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya