Kulit Cantik dengan Scrub Buatan Sendiri

Lemon dan madu
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Perawatan kulit dengan scrub seringkali menjadi pilihan para wanita yang ingin tampil maksimal. Namun penggunaan secara berlebihan, bisa berbahaya, apalagi bagi kulit berjerawat.

Perawatan Garam Kristal, Bikin Relaks Hingga Hilangkan Pegal

Ahli kulit Dr Aparatim Goel mengatakan untuk tidak menggunakan scrub jika kulit wajah sedang berjerawat atau menderita rosacea. "Karena bisa memperparah kondisi kulit," kata dia, seperti dilansir dari Times of India, Selasa, 13 Juni 2017.

Sementara setelah mengaplikasikan scrub, disarankan untuk menggunakan bahan yang dapat pori-pori. Selain itu, gunakan toner bebas alkohol atau air mawar dengan menggunakan kapas yang dioleskan dengan lembut ke wajah.

Viral Sabun Mandi dari Lendir Siput, Teksturnya Seperti Mainan Slime

Saat ini Anda juga dapat membuat scrub berbahan alami sendiri di rumah. Anda pun dapat mencampurkan berbagai bahan yang mudah didapat menjadi scrub wajah yang lebih aman dan hemat biaya. Berikut ini beberapa varian scrub yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Scrub madu dan jeruk

Produk Scrub Kenari Milik Kylie Jenner Berpotensi Melukai Kulit

Campurkan bubuk kulit jeruk nipis dan gandum dalam jumlah yang sama yakni masing-masing dua sendok makan. Lalu tambahkan dengan satu sendok makan madu dan air secukupnya, aduk rata hingga menjadi pasta. 

Setelah itu, aplikasikan pada kulit yang sudah dibersihkan. Kemudian biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas hingga bersih. Scrub ini dapat mengatasi kulit kering, meratakan warna kulit dan menjaga kelembapan alami.

Scrub pisang

Ambil dua pisang yang telah matang, hancurkan dan tambahkan gula pasir. Untuk menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit, tambahkan satu sendok makan madu. Pijat lembut racikan tersebut pada wajah Anda selama lima menit, lalu cuci dengan air dingin.

Scrub lengkuas dan pepaya

Campurkan setengah cangkir pepaya matang yang telah ditumbuk bersama dengan dua sendok makan lengkuas, tiga tetes perasan lemon dan satu sendok makan madu. Pijat wajah dengan scrub wajah buatan Anda dengan gerakan melingkar dan lembut. Biarkan selama lima menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Scrub gandum dan tomat

Ambilah satu piring gandum dan gula bubuk. Iris tomat merah yang matang dan besar. Celupkan dua irisan tebal tomat ke dalam campuran gandum dan gula bubuk.

Gosokkan campuran ini pada kulit Anda secara lembut dengan gerakan melingkar. Setelah seluruh wajah dan leher Anda telah digosok, ambil kembali irisan tomat dan aplikasikan di wajah Anda sesaat. Tomat memiliki khasiat sebagai pemutih alami, sedangkan gandum bisa menenangkan.

Scrub lemon

Ambilah satu buah jeruk nipis dan potong menjadi dua bagian. Tambahkan gula pasir di dalamnya. Gosokkan tangan atau kaki Anda dengan scrub ini dan diamkan selama lima menit, lalu bilas dengan air hangat. Jangan gunakan scrub ini di wajah Anda karena dapat membahayakan kulit wajah yang sensitif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya