Merah Bikin Penampilan Lebih Menarik, Benarkah?

Wanita mengenakan baju merah.
Sumber :
  • Pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Selama ini, warna merah dipercaya bisa membuat seseorang tampil lebih menarik. Bahkan, sebuah studi yang baru-baru ini dipublikasikan di European Journal of Social Psychology menemukan bahwa orang merasa lebih menarik secara fisik saat mereka mengenakan warna yang mencolok.

Happy Salma Beri Tips Agar Lebih Menawan Saat Mengenakan Perhiasan

Dalam studi tersebut, peneliti dari Jerman mengamati perilaku 180 mahasiswa ketika mereka mengenakan kemeja merah atau biru. Sejumlah mahasiswa itu ditempatkan di bilik-bilik kecil yang berisi cermin untuk melihat cerminan diri sendiri. Mereka juga melakukan satu percobaan di mana mereka mengambil foto diri sendiri.

Kemudian relawan studi itu diminta untuk menyelesaikan sebuah survei yang mencakup pertanyaan tentang betapa menariknya mereka memandang diri mereka sendiri.

Rahasia Terungkap! Ternyata Begini Aroma Tubuh Putri Marino yang Bikin Fans Penasaran

Dilansir dari laman Huffington Post, Selasa, 4 Juli 2017, mereka yang memakai warna merah menilai diri sendiri lebih tinggi dalam daya tarik dibandingkan dengan yang lain. Mereka juga menilai diri mereka lebih tinggi dalam hal daya tarik seksual.

Namun, beberapa menyebut bahwa efek warna merah ini tidak berlaku pada semua orang. Beberapa orang yang mungkin cenderung lebih pemalu atau tidak suka menjadi fokus perhatian mungkin melihat dirinya berbeda jika mereka mengenakan warna merah.

Gak Cuma Penunjuk Waktu, Pakai Jam Tangan Ternyata Punya Efek Psikologis Lho

Persepsi itu mungkin juga hilang seiring berjalannya waktu, menurut penulis penelitian tersebut.

"Kami perlu menyelidiki apa dan bagaimana karakteristik kepribadian yang berbeda berinteraksi dengan efeknya," ucap penulis studi Anne Berthold, seorang peneliti dari University of Zurich.

Berthold juga mengatakan bahwa bukan hanya karena warna merah yang membuat orang berpikir mereka terlihat lebih menarik, namun bisa juga karena rona perhatian. Artinya bahwa hal ini bisa jadi karena orang tersebut lebih banyak memperhatikan dirinya sendiri.

Selain itu, 180 peserta adalah ukuran sampel yang agak kecil, jadi sulit untuk mengetahui apakah ini bisa berlaku untuk populasi umum.

Meski begitu, sebuah studi yang pernah dilakukan di tahun 2010 menemukan bahwa wanita memandang pria lebih menarik saat mereka mengenakan warna merah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya