Manfaat Ajaib Nanas Pengusir Keriput dan Kulit Kendur

Ilustrasi Buah Nanas Warna-warni
Sumber :
  • Pixabay/ Pexels

VIVA.co.id – Nanas tidak hanya buah yang memiliki rasa menyegarkan, tapi juga mengandung banyak manfaat kesehatan. Seperti dilansir laman TIME, berikut tiga kelebihan nanas sebagai buah yang bernutrisi bagi tubuh.

8 Manfaat Minyak Bulus, Ampuh Kencangkan Payudara?

Kaya Vitamin C

Satu cangkir nanas bisa memberikan lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan. Seperti diketahui jika nutrisi ini dapat membantu menjaga imunitas tubuh. Vitamin C juga memiliki peran dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh.

10 Kebaikan Kolagen, Ternyata Bisa Optimalkan Gigi dan Rambut

Kelebihan lainnya, nanas juga bisa berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel tubuh terhadap penuaan dini dan penyakit seperti kanker dan jantung. Vitamin ini juga bisa mempengaruhi ukuran lingkar pinggang Anda.

Sebuah penelitian menemukan para pelaku olahraga yang tidak mendapatkan asupan vitamin C cukup, membakar kalori 25 persen lebih sedikit selama berolahraga. Terlalu sedikit kadar vitamin C dalam aliran darah, memiliki kaitan dengan tingginya lemak tubuh dan ukuran lingkar pinggang.

10 Cara Menjaga Kesehatan Kulit, Dijamin Tampak Cerah Merona

Meningkatkan pencernaan sehat
Nanas mengandung enzim yang disebut dengan bromelain. Jika Anda memakan nanas bersama makanan, bromelain bisa membantu tubuh mencerna protein. Enzim ini juga berpotensi mengurangi rasa kembung, gangguan pencernaan, dan lesu. Serat makanan dalam nanas juga membantu menjaga regularitas perut dan mencegah susah buang air besar.

Merawat kulit
Nanas kaya akan mangan, satu cangkir saja mengandung lebih dari 75 persen jumlah yang direkomendasikan per hari. Mineral ini, bersamaan dengan vitamin C, dibutuhkan dalam memproduksi kolagen, kompones struktural dari kulit yang mencegah kulit kendur dan keriput.

Mangan juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV, sehingga membuat nanas penting dikonsumsi di musim panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya