Festival Tenun Ikat Sumba 2017 Siap Tarik Perhatian Dunia

Tenun Ikat Sumba
Sumber :

VIVA.co.id – Sumba segera menggelar Festival Tenun Ikat Sumba 2017, yang merupakan kegiatan yang tidak sekadar memamerkan kekayaan motif dan kain tenun khas Nusa Tenggara Timur (NTT), tetapi juga terdapat pameran, fashion, serta workshop.

Pasola, Pertarungan Gladiator ala Sumba

Festival dengan tujuan meningkatkan kualitas serta melestarikan tenun ikat Sumba ini akan berlangsung pada 12-17 Juli 2017 di Tamboka, Sumba Barat Daya.

Dikutip dari laman Pesona Indonesia, Senin 10 Juli 2017, festival ini akan memperagakan aktivitas menenun mulai dari pencampuran warna hingga proses menjadi kain atau selendang. Nantinya, dalam festival ini para penenun akan memperagakan cara menenun mulai dari memintal, mengikat benang, memberi warna, hingga menenun menjadi kain tenun yang siap pakai.

Pasola, Festival Unik yang Hanya Ada di Sumba

Festival tenun ikat juga disemarakkan pameran dan bazar lokal yang menampilkan produk dan inovasi tenun ikat, UKM, jasa dan produk penunjang pariwisata di Pulau Sumba, Provinsi NTT, serta luar NTT. Ditargetkan 100 penenun turut serta yang terdiri atas ibu rumah tangga, pelajar, dan mahasiswa se Kabupaten Sumba.

Sementara itu, peserta dari BUMN ditargetkan 116 orang, dimulai dari Dekranasda se-NTT, luar NTT, developer hingga organisasi non pemerintah. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Wonderful Sumba Island Festival 2017 dan akan diikuti oleh 2.000 penenun dari empat kabupaten se-Pulau Sumba, yakni Kabupaten Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Timur.

HM Sampoerna Putuskan Tebar Dividen Rp 8,06 Triliun, Catat Jadwalnya

Wisatawan dapat membeli aneka produk kain tenun tersebut. Tidak dikenakan biaya bagi wisatawan yang ingin menikmati Festival Tenun Ikat Sumba 2017, selain itu bisa menikmati atraksi tarian kolosal khas Sumba.

Festival Tenun Ikat Sumba ini bukan hanya sebuah acara pameran kriya, namun juga penciptaan kegiatan promosi pariwisata untuk memperkenalkan produk kerajinan dan industri kreatif. Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk mendatangkan kunjungan wisatawan, serta meningkatkan investasi dan perdagangan di Pulau Sumba.

Jelajah Tanahumba 2017

Mengeksplorasi Sumba Berbalut Indonesia Adventure Festival

Terutama untuk mempopulerkan empat kabupaten Sumba.

img_title
VIVA.co.id
7 November 2017