Kesalahan Perawatan Kulit yang Kerap Dilakukan Pria

Mandi air dingin bisa tingkatkan sirkulasi darah.
Sumber :
  • Pixabay/Olichel

VIVA.co.id – Menjaga kulit agar tetap terawat dan segar ternyata tidak mengenal batasan umur dan gender. Sebab kulit merupakan bagian tubuh yang paling utama yang dilihat semua orang.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Meski begitu, ada banyak hal yang terlewatkan dalam melakukan perawatan kulit. Bahkan, mereka juga kerap melakukan kesalahan dalam merawat kulit, berikut ini tujuh kesalahan tersebut, seperti dilansir dari Times of India.

Tak menggunakan tabir surya

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

Percaya atau tidak tapi penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah pria yang sekarat akibat kanker kulit lebih banyak daripada wanita. Matahari juga bisa membuat kulit Anda menua sehingga inilah saatnya mulai rutin menggunakan tabir surya. 

Oleskan tabir surya dengan minimal SPF 15 setiap hari. Jika Anda menghabiskan waktu di luar rumah, terapkan tabir surya  dua kali dalam sehari.

Merawat kulit dari Bahan Vegan

Menggunakan produk mahal 

Ada anggapan bahwa produk perawatan kulit mahal memiliki kualitas yang baik. Hal itu tidak sepenuhnya tepat lantaran kesehatan kulit datang dari kebiasaan yang baik, bukan produk yang paling bagus. 

Anda dapat berinvestasi dalam beberapa merek yang Anda percaya atau minta rekomendasi dengan produk yang telah diuji. Produk tersebut bisa merawat kulit Anda agar tetap segar.

Tidak memperhatikan jenis kulit

Banyak dari Anda mungkin tidak mengetahui hal ini tapi ada 4-5 jenis kulit yang harus Anda sadari. Ini penting terutama berkaitan dengan produk mana yang harus atau tidak boleh Anda gunakan, karena bahan tertentu bisa saja sesuai dengan satu jenis kulit tapi tidak untuk jenis kulit yang lain. 

Misalnya, asam salisilat cocok untuk kulit berminyak, tapi tidak untuk kulit kering. Sebaiknya ketahui jenis kulit Anda sebelum memulai menggunakan produk.

Menghindari minyak untuk kulit berminyak 

Kelihatannya kontraproduktif menggunakan minyak atau pelembap pada kulit yang sudah berminyak, tapi hal tersebut sangat perlu. Pelembap dapat membantu menjaga permukaan kulit Anda agar tetap lentur dan terhidrasi. 

Lebih dari sekadar menghidrasi kulit, tujuan penggunaan pelembap untuk kulit berminyak adalah tentang menyeimbangkan dan mengatur kelembapan alami pada kulit.

Sering menyentuh wajah

Sentuhan yang sering pada pipi diyakini bisa membuat banyak kotoran menempel, sehingga dapat menyebabkan munculnya jerawat dan komedo. Sebelum menyentuh wajah, sebaiknya dilakukan setelah Anda membersihkan tangan.

Mengobati sendiri jerawat

Untuk Anda yang mengalami jerawat meradang, gunakan produk khusus jerawat. Tapi jika Anda rentan terhadap jerawat, disarankan untuk mengunjungi dokter kulit dibanding mengobatinya sendiri.

Pengelupasan kulit berlebihan

Pengelupasan kulit merupakan proses penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Hal ini dapat meningkatkan tekstur dan warna kulit serta mengangkat sel kulit mati dan mengeluarkan kotoran dari wajah Anda. 

Namun, pengelupasan kulit lebih dari dua kali dalam sepekan atau terlalu sering sekaligus bisa mengiritasi dan mengganggu keseimbangan kulit Anda. Kulit Anda akan mengering dan pada gilirannya akan memicu produksi minyak berlebihan hingga dapat menyebabkan munculnya jerawat. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya