Miss Afrika Selatan Dituding Rasis karena Sarung Tangan

Miss Afrika Selatan, Demi-Leigh-Nel-Peters
Sumber :
  • twitter.com/demileighnp

VIVA.co.id – Demi-Leigh-Nel-Peters, model sekaligus Miss Afrika Selatan dituding melakukan tindakan rasis dalam sebuah acara amal di Johannesburg, Afrika Selatan.

Tak Sabar Antre di Kasir, Pria Ini Ujar Hinaan Rasis di Malaysia

Tudingan tersebut muncul setelah ia mengunggah foto dirinya bertemu dengan anak-anak pengidap HIV. Dalam foto itu, perempuan berusia 22 tahun tersebut tampak menggunakan sarung tangan saat makan bersama anak-anak di sana.

Dilansir dari laman Metro, banyak yang mengatakan bahwa Miss Afrika Selatan ini takut tertular HIV melalui sentuhan atau menggunakan sarung tangan untuk bersentuhan dengan anak-anak kulit hitam.

Pesan Zozibini Tunzi saat Terpilih Miss Universe: Hitam Itu Cantik

Mendengar hal itu, Demi pun angkat bicara. Ia mengaku diminta untuk menggunakan sarung tangan karena ia harus memegang makanan yang akan dibagikan ke anak-anak tersebut. Asumsinya, makanan akan terkontaminasi jika disentuh dengan tangan telanjang.

Dia menuturkan bahwa semua relawan di tempat itu menggunakan sarung tangan. Itu adalah salah satu hal tepat yang dilakukan saat berurusan dengan makanan dan memberikannya untuk anak kecil.

Jadi Miss Universe, Zozibini Tunzi Perjuangkan Kesetaraan Gender

"Itu tujuan kami menggunakan sarung tangan. Untuk tetap higienis dengan maksimal. Banyak yang salah paham dengan hal ini. Pesannya adalah hari ini 300 anak mendapat makanan yang layak dengan atau tanpa sarung tangan," tutur dia.

Dia mengaku sedih itikad baiknya disalahpahami. Kendati demikian, dia meminta maaf jika ada pihak yang tersinggung. Setelah polemik tersebut, ia memberikan tantangan untuk para pengikutnya di Twitter. Namun kritikan bernada sindiran masih menyerangnya.

"Saat tanganmu terasa sedikit kering tetapi higienis selalu menjadi hal utama," tulis salah satu netizen menyertai foto tangan dalam balutan sarung tangan sedang memakai krim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya