Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 18 Juli 2017 | 11:31 WIB
  • Suntik Filler Bisa Akibatkan Kebutaan?

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Linda Hasibuan
Suntik Filler Bisa Akibatkan Kebutaan?
Photo :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan
Suntik filler.

VIVA.co.id – Tren kecantikan dengan perawatan suntik filler banyak dipilih wanita. Suntik filler dianggap dapat membuat bentuk wajah terlihat lebih proporsional dan menarik.

Tidak hanya memberikan hasil yang instan, filler juga dinilai sebagai alternatif lain daripada melakukan operasi plastik. Namun, suntik filler yang tidak tepat dikabarkan dapat menyebabkan kebutaan.

Mengenai hal itu, dokter Danu Mahandaru, Sp.BP-RE dari The Clinic Beautylosophy membenarkannya. Menurut dia, suntik filler yang tidak tepat bisa menyebabkan kebutaan. Sayangnya, tak banyak dokter yang mengedukasi pasiennya terkait efek negatif di balik filler.

"Betul filler itu bisa menyebabkan kebutaan cuma kadang-kadang masyarakat Indonesia hanya mendapatkan hal positifnya saja. Sebagai dokter, yang harusnya diinfokan efek sampingnya dan dampak negatifnya," ujar dia kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

Dia menuturkan, kebutaan tersebut terjadi bila cairan yang digunakan yakni hyaluronic acid masuk ke dalam pembuluh darah. Sehingga, kapiler di dalamnya merusak jaringan syaraf, yang akhirnya merusak fungsi penglihatan.

Kendati demikian, menurut dia, kasus kebutaan  sangat langka terjadi pada pasien suntik filler. Hanya saja, risiko akan tetap ada karena setiap prosedur kecantikan memiliki efek setelahnya.

Untuk itu, dia menyarankan, sebaiknya pilih tempat filler yang sudah terpercaya dan kredibilitas bagus. Sebab mereka lebih mengetahui anatomi wajah dan teknik injeksi dari berbagai jenis bahan filler.

"Ya, saya katakan bahwa jangan mudah tergiur memilih tempat filler yang murah jika tidak ingin mengalami kebutaan. Meski ini kasus yang langka, namun penyuntikkan yang salah akan menimbulkan risiko-risiko yang tidak diinginkan," ucap dia.