Tanda Produk Kosmedik Anda Kedaluwarsa

ilustrasi Krim wajah
Sumber :
  • Pixabay/Andreas

VIVA.co.id – Apa itu kosmedik? Mungkin sebagian besar orang masih asing mendengarnya. Kosmedik adalah kosmetik yang mengandung obat-obatan.

Cerita Jatuh Bangun Suami Istri di Bandung Bangun Bisnis saat Pandemi

Dalam kosmedik ditambah dengan bahan-bahan aktif seperti zat antigatal, antibakteri, antijerawat, antiketombe dan antipenuaan. Kosmetik jenis ini banyak digunakan oleh wanita yang melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Karena mengandung zat aktif, biasanya umur kosmedik tidak bisa lama. Daya tahannya hanya beberapa bulan dan setelahnya tidak bisa digunakan kembali.

Jangan Tertipu, Kenali Lagi Ciri Produk Kosmetik Berkualitas

"Kosmedik merupakan sebuah kosmetik yang mengandung obat, atau bahan aktif yang tidak dijual bebas di pasaran. Kosmedik dikeluarkan oleh klinik dan umumnya tidak bisa bertahan lama karena adanya zat aktif dalam kandungannya," ujar dr Ahmad Haykal, SpKK, M. Kes, ahli estetika dari Erha Dermatology di kawasan Jakarta Selatan, Rabu 26 Juli 2017.

Dia menuturkan bahwa kosmedik yang rusak terlihat dari perubahan warnanya. Kemudian, tekstur yang berubah dan aroma tak sedap juga menjadi pertanda bahwa kosmedik Anda tidak lagi bisa digunakan.

Pandemi Segera Usai, Yuk Intip Bocoran Tren Gaya 2022

Bila mendapatkan produk kosmedik seperti itu, sebaiknya jangan digunakan lagi. Atau, sebaiknya tanyakan kepada dokter terkait untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Bila kosmedik Anda mengalami perubahan warna dan tekstur menjadi berlendir, atau menggumpal, itu tandanya sudah kedaluwarsa. Kalau mengalami hal itu sebaiknya jangan lagi diterapkan, atau tanyakan dulu dengan dokter terkait," ucap dia. (asp)

Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Budhi Herdi Susianto

Penimbun 26 Ton Minyak Goreng di Jaksel Perusahaan Kosmetik

Polisi menyebut motif penimbun minyak goreng yang diungkap untuk meraup keuntungan di tengah langkanya pasokan minyak goreng.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2022